Proyek videotron dialihkan untuk persiapan UNBK 2017

Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menerima audiensi dengan BEM Unsyiah di Meuligoe Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis (28/7). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gubernur Aceh, Zaini Abdullah memerintahkan anggaran pengadaan lima unit videotron di Dinas Pendidikan Aceh untuk dalihkan kepada pemenuhan sarana komputer dalam rangka persiapan menuju Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMA/SMK dan MA pada 2017 mendatang.

Ia menjelaskan pasca-pelaksanaan UNBK pada April 2016 lalu, ia mendapati banyak permasalahan serius yang terjadi di sejumlah daerah akibat terbatasnya perangkat komputer sekolah sehingga menyebabkan waktu pelaksanaan ujian tersebut terkendala.

“Sehubungan dengan permasalahan itu, saya memerintahkan Dinas Pendidikan Aceh untuk mengalihkan anggaran dari program itu kepada pemenuhan sarana komputer di sekolah yang dianggap sudah sangat mendesak,” kata Zaini saat pertemuan dengan peserta Bakti Sosial Unsyiah di Pendapa Gubernur, Banda Aceh, Kamis (28/7).

Dalam pertemuan tersebut, Zaini sempat mempertanyakan manfaat dan mudarat dari pembangunan videotron yang mendapat kritikan dari berbagai kalangan karena dinilai kurang memberikan dampak langsung kepada peningkatan mutu pendidikan di Aceh.

Menurut Zaini, peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah tujuan utama dalam pembangunan Aceh. “Saya sangat ingin masyarakat dapat merasakan langsung hasil dari pembangunan yang dijalankan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Aceh yang turut hadir dalam pertemuan itu berjanji akan segera menindaklanjuti permintaan gubernur dan mengkaji kembali program-program yang ada untuk peningkatan kualitas pendidikan di Aceh. [Sammy/rel]

Related posts