Menteri ESDM diminta jawab lugas dan jujur soal isu paspor AS

Menteri ESDM Arcandra Tahar. (Kompas)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Menteri ESDM Arcandra Tahar diminta memberikan penjelasan lengkap mengenai kabar dugaan kepemilikan paspor Amerika Serikat (AS).

Jawaban Arcandra saat memberi penjelasan di kantor Kementerian ESDM pagi tadi dianggap belum menjawab pertanyaan utama mengenai kewarganegaraan AS yang dibarengi kepemilikan paspor.

“Sebenarnya persoalan ini bukan soal besar, kalau Menteri ESDM segera menjawabnya. Berita ini menjadi besar karena Menteri ESDM tidak tegas menjawabnya. Kalau memang Menteri ESDM tidak pernah menjadi WN AS, tidak pernah menggunakan paspor Amerika dalam perjalanannya dari AS ke negara lain, ya katakan saja tidak. Jawab lugas dan jujur saja,” ujar anggota Komisi I DPR Martin Hutabarat saat dihubungi, Minggu (14/8).

Arcandra juga diminta menunjukkan paspor Indonesia yang dimiliki yang masih masih berlaku. “Tunjukkan bahwa paspor yang digunakan dalam perjalanan selama 4 tahun terakhir ini adalah paspor Indonesia, kan sudah selesai persoalannya,” sambungnya.

Menurutnya, simpang siur soal kepemilikan paspor AS malah membebani kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla. Isu ini akan terus berkembang dan malah berdampak negatif bila tidak ada pelurusan dari kabar paspor AS Arcandra yang beredar di publik.

“Kalau tidak dijawab, berita ini akan semakin liar dan Jokowi akan dianggap orang sebagai Presiden yang sembarangan saja dalam memilih anggota kabinetnya,” kata politikus Partai Gerindra ini.

Arcandra menegaskan dirinya berstatus kewarganegaraan Indonesia. Arcandra masih memiliki paspor Indonesia.

“Saya orang Padang asli. Istri saya juga orang Padang asli. Cuma kuliah S2 dan S3 di Amerika Serikat. Saya pergi ke Amerika tahun 1996. Sampai saat sekarang saya masih memegang paspor Indonesia. Paspor Indonesia saya masih valid,” ujar Arcandra kepada wartawan di kantornya, Jl Medan Merdeka Selatan, Minggu (14/8).

Saat ditanya soal pernah tidaknya Archandra melepas kewarganegaran Indonesia menjadi warga negara AS termasuk mendapatkan paspor dari negara itu, Arcandra kembali menegaskan dirinya memegang paspor Indonesia. [Detik]

Related posts