184 mahasiswa Unida ikuti pembekalan KKM Lamteuba

Mahasiswa Unida yang mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) guna persiapan pengabdian dalam masyarakat di pedalaman kawasan Lamteuba, Aceh Besar, Jumat (19/8). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 184 orang mahasiswa Universitas Iskandar Muda (Unida) mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) guna persiapan pengabdian dalam masyarakat di pedalaman kawasan Lamteuba, Aceh Besar, Jumat (19/8).

Rektor Unida Banda Aceh, Prof Syafie Ibrahim, mengatakan tahun ajaran ini, mahasiswa Unida dari berbagai fakultas akan melakukan pengabdian dan melakukan program kerja masyarakat di kawasan Lamteuba, Aceh Besar sampai 29 September mendatang.

“Kami memilih lokasi pengabdian mahasiswa di sana, karena cukup strategis untuk dibina. Selain itu, Lamteuba itu tergolong daerah tertinggal terdepan dan terluar (3 T) sehingga membutuhkan uluran tangan sumua pihak,” katanya.

Selain itu, Unida juga memiliki pengembangan kampus kewirausahaan di kawasan Lamteuba, Aceh Besar. Nantinya, perlahan mahasiswa akan ditempatkan dan belajar di sana dengan konsep kewirausahaan serta dipadukan dengan keagamaan.

“Nantinya mahasiswa di kampus Lamteuba akan boarding penuh dan mereka akan melakukan kegiatan kewirausahaan dan belajar agama. Pagi harinya belajar dengan kurikulum universitas dan malamnya belajar ilmu dayah,” sebutnya.

Menurutnya, ada lima kelompok mahasiswa yang akan mengabdi di Lamteuba, masing-masing mereka 15 sampai 20 orang dan 5 kelompok lagi akan mengabdi di seputaran kampus.

“Ada 5 kelompok di Lamteuba, dan 5 kelompok di kampus. Seputaran kampus akan membenahi kampus dan pengabdian masyarakat di sekitar kampus,” lanjutnya.

Syafie Ibrahim berharap, lulusan Unida ke depan menjadi unggul dalam bidang Iptek dan Imtaq.

“Begitu selesai pendidikan di kampus, mereka dapat terjun di masyarakat sekaligus mempraktekkan teori dan konsep yang mereka peroleh selama pendidikan,” pungkasnya. [Sammy/rel]

Related posts