Aceh targetkan produksi padi capai 2,9 juta Ton di 2017

Ilustrasi sawah. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Provinsi Aceh menargetkan pada tahun depan produksi padi mampu mencapai 2,9 juta ton. Adapun, hingga saat ini pertanian masih menjadi penopang utama perekonomian Aceh.

Asisten Keistimewaan, Ekonomi, dan Pembangunan Aceh Zulkifli menuturkan, untuk mencapai target tersebut pihaknya akan terus berkoordinasi lintas instansi. Selain padi, Aceh juga menargetkan mampu mencapai produksi jagung 249.000 ton dan kedelai 48 juta ton.

“Pada tahun depan, sekaligus kami ingin mewujudkan cita-cita menjadi kawasan lumbung pangan nasional. Selain dari sisi produksi, pertanian juga sektor yang mampu menyerap tenaga kerja terbesar di Aceh, hampir 35% dari jumlah angkatan kerja yang ada. Kontribusinya terhadap PDRB di atas 25%,” papar Zulkifli, Selasa (8/11).

Selain peningkatan produksi pangan, tambahnya, Pemprov Aceh juga memberi perhatian serius untuk kemudahan akses pangan bagi masyarakat. Beberapa faktor yang termasuk di dalamnya yakni ketersediaan cadangan pangan, dan bantuan pangan kepada kelompok rentan serta transien.

“Untuk itu, kami juga melakukan operasi pasar di berbagai daerah. Mudah-mudahan dengan berbagai langkah ini, kerawanan pangan terus menurun. Pada 2010 ada 133 kecamatan di 18 kabupaten yang rawan. Sekarang tersisa 108 kecamatan.” [Tempo]

Related posts