Dana bantuan untuk korban gempa capai Rp886 juta

Ilustrasi. Jalan Kota Meureudu, Pidie Jaya retak akibat dampak gempa yang melanda Pidie Jaya dan sekitarnya berkekuatan 6,4 SR pada Rabu (7/12) lalu. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sumbangan berupa materil, logistik, dan lainnya terus berdatangan untuk para korban gempa Pidie Jaya. Hingga saat ini dana bantuan yang telah diperoleh dari berbagai pihak sebesar Rp886.350.000.

Informasi tersebut diterima Kanalaceh.com dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) pada Minggu (11/12).

“Berdasarkan informasi yang disampaikan dalam forum rapat evaluasi tanggal 10 Desember 2016 pukul 21.00 WIB di Posko Gempa Bumi Pemerintah Aceh di kantor MPU Pidie Jaya (Komplek Perkantoran Lama Bupati Pidie Jaya), bahwa hingga saat ini dana bantuan yang telah diperoleh dari berbagai pihak sebesar Rp886.350.000,” sebut Koordinator Pusdatin BPBA, Henny.

Dikatakannya, rapat evaluasi tersebut diikuti berbagai lembaga yang turut membantu para korban, seperti BNPB, BPBA, dinas terkait, Basarnas, Humas Pemerintahan, Bappeda, kepala Camat, dan lainnya.

Selain itu Henny mengatakan terkait dengan bantuan uang Rp15 juta per jiwa bagi korban meninggal telah disalurkan kepada ahliwaris melalui Kemensos RI.

“Penanganan pengungsi, air bersih, dukungan lain-lain semua bantuan telah disalurkan sesuai dengan kebutuhan posko masing-masing dimana sistim pengajuan kebutuhan logistiknya berdasarkan usulan dari perangkat desa masing-masing dan diteruskan ke kecamatan serta kabupaten,” ujarnya.

Untuk diketahui, akibat gempa yang melanda Pidie Jaya dan sekitarnya dengan kekuatan 6,5 SR pada Rabu (7/12) lalu telah memakan korban jiwa 101 orang. 93 korban sudah teridentifikasi, sementara sisanya belum.

Korban pengungsi akibat gempa mencapai 65.064 jiwa yang disebar di 94 titik. Hingga saat ini yang terdata, jumlah relawan ada 1.616 orang dari 103 instansi/lembaga/organisasi. [Aidil Saputra]

Related posts