FPRB simulasikan siaga bencana di 5 sekolah

FPRB simulasikan Siaga Bencana di Lima Sekolah
simulasi sekolah siaga bencana yang dilaksanakan Forum Penanggulangan Risiko Bencana (F-PRB) Kota Sabang, Kamis (26/1). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Kegiatan simulasi sekolah siaga bencana yang dilaksanakan Forum Penanggulangan Risiko Bencana (F-PRB) Kota Sabang, Kamis (26/1), berjalan sukses.

Simulasi bencana gempa tersebut dilakukan serentak di lima sekolah, yaitu, SD Negeri 1, SD Negeri 5, SD Negeri 2, Madrasah Ibtidayah Negeri(MIN) dan SD Negeri 3 di kota Sabang yang berlangsung dari pukul 09:30 WIB.

Ketua F-PRB Kota Sabang Hendra Handyan mengatakan, simulasi kegiatan ini pertama kali dilakukan di sekolah siaga bencana berjalan sukses dan mendapat sambutan baik dari para guru dan murid sekolah.

Bahkan skenario tahapan berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) mampu diterapkan para wali kelas kepada seluruh murid-muridnya terkoordinir dengan baik.

“Ini kegiatan kali pertama yang kita laksanakan berjalan dengan baik dan sukses, kita melihat kesiapsiagaan seluruh murid saat mengikuti simulasi tidak panik, sigap, cepat dan terkendali saat simulasi berlangsung,” katanya.

Saat simulasi gempa terjadi, semua murid  mengikuti intruksi para guru serentak ke luar kelas mendengar aba-aba menuju area atau kawasan titik aman sekolah yang telah ditentukan, “dan kegiatan ini sendiri menjadi percontohan sebagai sekolah siap siaga bencana untuk daerah lain” ujarnya.

Menurut Hendra, kegiatan yang dilakukan F-PRB Kota Sabang mendapat sangat bermanfaat dan mendapat sambutan antusias dari para wali murid yang disampaikan langsung Kepala Sekolah kepada Fasilitator terlatih F-PRB pelaksana kegiatan sekolah siaga bencana.

Karena kegiatan tersebut menurut mereka memberikan manfaat besar kepada para murid dan para guru apabila sewaktu-waktu terjadi gempa bumi saat proses belajar mengajar.

“Artinya, orang tua murid tidak lagi merasa kuwatir yang berlebihan karena anak-anaknya sudah terlatih, faham,  dan mengerti bila suatu saat terjadi gempa. Alasan kita mengambil simulasi gempa karena daerah kita Sabang atau Aceh secara umum merupakan daerah yang sering terjadi gempa bumi, berangkat dari sinilah kita dari F-PRB Kota Sabang sepakat membentuk sekolah siap siaga bencana,” terangnya.

Tambahnya, selanjutnya F-PRB Kota Sabang akan terus melakukan kegiatan serupa secara berkesinambungan di sekolah-sekolah yang ada di Sabang, khususnya untuk tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. [Diki Arjuna]

Related posts