Unsyiah buka penerimaan mahasiswa jalur SMM PTN-BARAT

Unsyiah buka penerimaan mahasiswa jalur SMM PTN-BARAT
Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal. (Kanal Aceh/Aidil)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) beserta 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) wilayah barat Indonesia membuka jalur penerimaan mahasiswa baru mandiri.

Jalur penerimaan yang bernama Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia (SMM PTN-BARAT) mulai dibuka sejak 1-30 Juni 2017.

Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal mengatakan, SMM PTN-BARAT 2017 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang dulunya disebut Ujian Masuk Bersama (UMB).

Pelaksanaan SMM PTN-BARAT dilakukan serentak bersama PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) Wilayah Barat. Pada tahun ini Unsyiah menyediakan kuota 30 persen dari 5.460 calon mahasiswa yang diseleksi untuk jalur SMM PTN-Barat 2017

“Sebelumnya jalur Mandiri ini bernama Ujian Masuk Bersama (UMB). Namun mulai tahun ini jalur UMB hanya diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS),” ujar Samsul yang juga Ketua Panitia SMM PTN-BARAT 2017 tersebut, Senin (5/6).

Disebutkan, sebanyak 16 PTN tergabung dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2017, yaitu Unsyiah, Universitas Andalas, Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, Institut Seni Indonesia, Universitas Palangkaraya, Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung, Universitas Teuku Umar, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, Institut Teknologi Sumatera, Insitut Seni dan Budaya Indonesia Aceh, dan Universitas Samudera.

Pendaftaran SMM PTN-BARAT 2017 dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran dapat dilihat dan diunduh pada situs www.smmptnbarat.id,” sebutnya.

Prof Samsul menjelaskan, calon peserta SMM PTN-BARAT harus memiliki ijazah 3 tahun terakhir mulai 2015, 2016, dan 2017. Akan tetapi, khusus untuk kampus UMRAH, Unja, dan Unimal dibolehkan mendaftar dengan menggunakan ijazah 5 tahun terakhir, yaitu 2013, 2014, 2015, 2016, dan 2017.

Selain itu, lanjutnya, pada Mei lalu Unsyiah sudah melaksanakan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hasil seleksi jalur tersebut akan diumumkan pada 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id. [Aidil/rel]

Related posts