Konsul Jepang resmikan Yayasan Mts Al-Ikhlas di Aceh Timur

Konsul Jepang resmikan Yayasan Mts Al-Ikhlas di Aceh Timur
Konsul Jepang, Bupati Aceh Timur, Kapolres beserta rombongan disambut secara adat, Rabu (19/7). (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Melalui program Grant Assistance For Grassroots Human Security Projects, Pemerintah Jepang membantu proyek pembangunan Yayasan Mts Al-Ikhlas Mukaromah senilai Rp 844.447.735 pada 2016 di Gampong Alue Sentang, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, Rabu (19/7).

Sementara peresmian proyek pembangunan gedung MTS Al Ikhlas sebagai realisasi bantuan hibah Grant Asistance for Grassroots Humam Security Projects dari Pemerintah Jepang melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan sebesar Rp 844.447.735 untuk tahun 2016.

Konsul Jenderal Jepang di Medan Takeshi Ishii dalam peresmian pembangunan tersebut mengatakan bahwa, bantuan hibah di bidang kemanusian merupakan tingkat akar-rumput atau Grassroot ini berasal dari pajak rakyat Jepang.

Lanjutnya, bantuan ini adalah bukti kedekatan masyarakat Jepang dan Indonesia, serta hubungan yang erat antara kedua negara.

“Semoga bantuan untuk Yayasan Al Ikhlas Mukaromah ini dapat digunakan sesuai dengan rencana dan masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung,” ujar Takeshi.

Diharapkan gedung dan ruangan kelas yang sudah siap ini dijaga dan dirawat dengan baik supaya dapat dipakai selama lamanya.

“Dengan adanya gedung pendidikan yang lebih baik kiranya para siswa siswi dapat belajar lebih giat lagi dan pada akhirnya beberapa orang bisa belajar bahasa Jepang bisa meneruskan pendidikan ke Jepang,” katanya.

Selain itu Takeshi mengharapkan, dimasa yang akan datang kerjasama antara rakyat Jepang dengan rakyat Indonesia, dalam hal ini masyarakat Aceh bisa lebih  berkembang lagi, tidak hanya dalam pendidikan tetapi juga dibidang-bidang lainnya, imbuhnya.

Kapolres Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa didampingi Kasat Binmas Akp Niti Prayitno dan Kapolsek Birem Bayuen Iptu Imran ketika menghadiri acara tersebut mengatakan terima kasih kepada Konsulat Jepang yang telah memberikan Bantuan dana hibah melalui Kunsulat Jepang di Medan.

“Semoga dengan adanya sekolah MTS Al Iklas ini anak anak yang ada di desa ini dapat bersekolah dan bisa bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di luar,” jelas Satya Yudha.

Disisi lain Ngatiran, Ketua Yayasan Al-Ikhlas Mukaromah mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Konsulat Jepang yang telah memberikan bantuan hibah kepada yayasan tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Aceh Timur di-Wakili Asisten II Usman Abdurrahman, Kemenag Aceh Timur, Kapolres Langsa, Unsur Muspida, BUMN/BUMD, OKP, Ormas, LSM, dan undangan lainnya. [Erza]

Related posts