DLHK Aceh Utara minta warga tidak ganggu lubang yang semburkan gas

Warga menunjukkan semburan gas dari lubang bekas sumur di Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Selasa (5/9). (Kanal Aceh/Rajali Samidan)

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Utar,a Nuraina, meminta agar warga tidak mengganggu areal ditemukannya lubang yang keluarkan gas di bekas sumur warga di Teupin Bayu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Pasalnya, pihaknya akan menyampaikan penemuan itu kepada dinas pertambangan Aceh, agar di server langsung oleh pihak terkait dan diambil tindakan lebih lanjut.

“Untuk sementara agar lubang tersebut jangan di ganggu dulu sebelum pihak terkait dalam hal ini dinas pertambangan tiba untuk mengeceknya supaya menghindari hal -hal yang tidak kita inginkan,” katanya saat dikonfirmasi Kanalaceh.com, Selasa (5/9).

Baca: Ada semburan diduga gas di Teupin Bayu

Ia tak menampik, semburan tersebut adalah gas. Dengan ciri-ciri berbau busuk dan airnya berwarna keruh. “Penemuan ini memang benar ada campuran gas dengan ciri-ciri Bauknya busuk, Warna air keruh dan lubang tersebut sudah bertahan sampai tiga tahun tetapi masih ada semburan gas,” jelasnya.

Sebelumnya, Warga Teupin Bayu, bernama Nurbaya (50) menemukan semburan gas dari lubang bekas pengeboran sumur di belakang rumahnya. Semburan gas itu mengeluarkan api warna biru.

Nurbaya menuturkan, semburan gas pertama kali ditemukan oleh anaknya Zamanhur Amri (32), sekitar sebulan yang lalu ketika sedang membakar sampah di lubang bekas pembuatan sumur bor dan mengeluarkan api berwarna biru. [Rajali Samidan]

Related posts