Buka City Expo di Pekanbaru, Aminullah dan istri pakai pakaian adat Aceh

Buka City Expo di Pekanbaru, Aminullah dan istri pakai pakaian adat Aceh
Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman menggunting pita tanda dibukanya City Expo di Pekanbaru, Sabtu (3/2). (Humas Banda Aceh)

Pekanbaru (KANALACEH.COM) – Sabtu (3/2), Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Apeksi memasuki hari ketiga. Di hari terakhir ini, para delegasi mengikuti kegiatan City Expo.

Penguntingan pita oleh Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman menandai pembukaan City Expo ini. Saat melakukan pengguntingan pita, Aminullah turut didampingi para Walikota peserta Muskomwil I Apeksi Sumatera.

City Expo merupakan salah-satu kegiatan dari Muskomwil I Apeksi Sumatera yang digelar di Pekanbaru, Provinsi Riau. Kegiatan ini juga diikuti hampir seluruh delegasi dengan menampilkan produk khas daerah di stannya masing-masing.

Ads

Aminullah memanfaatkan pameran ini untuk mengenalkan produk-produk Banda Aceh kepada pengunjung. Aminullah juga dengan bangga memperkenalkan pakaian adat Aceh yang dalam kesempatan tersebut dikenakannya bersama istri, Nurmiaty AR.

Bersama dengan istri, Nurmiaty AR, keduanya mengenakan pakaian adat Aceh yang biasa digunakan saat menghadiri upacara adat atau upacara pemerintahan.

Saat melakukan pemotongan pita, Aminullah mengenakan baju atasan yang disebut baju Meukasah, celana panjang yang disebut siluweu, kain sarung bernama ija krong dan sebilah rencong yang menjadi senjata tradisional khas Aceh, serta tutup kepala bernama Meukeutop.

Begitu juga dengan Nurmiaty AR yang mengenakan pakaian adat yang sering digunakan Dara Baro Aceh pada upacara perkawinan.

Pakaian ini menarik perhatian ribuan warga Pekanbaru yang menyesaki jalan Gajah Mada, rute yang digunakan untuk kegiatan Pawai Budaya Apeksi Sumatera. [Aidil/rel]

Ads