Akibat gempa 5,3 SR, sejumlah fasilitas umum di Pidie rusak

Akibat gempa 5,3 SR, sejumlah fasilitas umum di Pidie rusak
Ilustrasi - Warga menyaksikan rumah yang ambruk akibat gempa bumi di Desa Sumelap, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2017). Gempa berkekuatan 6,9 skala richter dan berpotensi tsunami dilaporkan terjadi pada Jumat (15/12/2017) pukul 23:47:58 WIB di wilayah Tasikmalaya. (kompas.com)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gempa dengan kekuatan 5,3 Skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Aceh Barat pada pukul 16.52 WIB, Kamis (8/2). Gempa tersebut terasa hingga ke beberapa kabupaten/kota di Aceh, termasuk Kota Banda Aceh dan Kabupaten Pidie.

Dikabarkan sejumlah rumah warga dan fasilitas umum mengalami kerusakan akibat gempa. Kerusakan terjadi di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie, Apriadi mengatakan, berdasarkan informasi yang dia peroleh, ada tiga unit rumah rusak, satu masjid, dan satu puskesmas.

Ads

Baca: Gempa 5,3 SR guncang Aceh Barat, terasa hingga ke Banda Aceh

“Sementara yang kami dapat data ada masjid satu di Geumpang yang rusak, ada puskesmas juga dan tiga rumah masyarakat,” kata Apriadi saat dikonfirmasi wartawan di Banda Aceh, Kamis (8/2).

Data tersebut, kata dia, masih data sementara berdasarkan laporan petugas BPBD Pidie di lapangan. Apriadi juga belum dapat memastikan jikalau prasarana umum yang vital seperti jalan raya, jembatan, utilitas listrik, utilitas air minum juga terdampak.

“Belum, lagi dikirim detailnya, masih menunggu datanya,” kata dia.

Saat ini, petugas telah berada di lokasi kejadian dan melakukan pendataan terhadap dampak yang ditimbulkan gempa bumi tersebut.

“Kami input terus ini datanya. Nanti kalau sudah ada akan kami sampaikan kembali,” lanjutnya. [Randi]