Tak hanya di Jakarta, Banda Aceh juga ada Car Free Day

Tak hanya di Jakarta, Banda Aceh juga ada Car Free Day
Kawasan Car Free Day di Banda Aceh, tepatnya di sepanjang Jl T Daud Beureuh, mulai dari Simpang Lima hingga perempatan Jambo Tape. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Cara sehat menghabiskan akhir pekan adalah berolah raga pagi di kawasan Car Free Day (CFD). Ternyata, CFD tak hanya asyik di Jakarta saja. Di Banda Aceh, pun bisa menikmati jalanan bebas kendaraan.

Setelah lama vakum sejak 2016 lalu, CFD di Banda Aceh kembali di aktifkan oleh pemerintah setempat, Minggu (11/2). CFD juga disebut sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat Banda Aceh dalam mengurangi emisi gas yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Acara Car Free Day dilaksanakan setiap hari Minggu mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB. Areanya di sepanjang Jl T Daud Beureuh, mulai dari Simpang Lima hingga perempatan Jambo Tape.

Meski baru hari ini kembali diaktifkan, masyarakat Banda Aceh menyambut antusias acara ini dengan ditandai banyaknya masyarakat ke kegiatan Car Free Day.

Sekitar 40 komunitas olahraga, seperti skateboarding, inline skate, break dance, sepatu roda dan komunitas lainnya turut memeriahkan acara ini.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, Car Free Day ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pedagang, untuk meningkatkan perekonomian warga.

“Selain berolahraga, warga bisa berjualan disepanjang jalan, tidak dikutip biaya, dan juga menjadi ajang kampanye go green sehari tanpa kendaraan bermotor,” katanya saat launching Car Free Day di lokasi.

Kata dia, kegiatan ini sudah lama terhenti. Dan ia berkomitmen agar CFD ini tidak lagi terputus. Sehingga menjadi rutinitas warga setiap minggu pagi.

“Sekarang kita aktifkan kembali setiap Minggu, agar warga bisa mendapatkan ruang terbuka lebih banyak saat hari libur,” sebutnya.

Ke depan, lanjut Aminullah, CFD di Banda Aceh bisa menampilkan atraksi kebudayaan dan hiburan seperti stand up comedy dan musik band.

Disamping itu, ia berharap agar kegiatan CFD ini dibingkai dengan semangat menjaga Syariat Islam. Seperti tidak berpakaian yang menampakkan aurat dan menjaga kebersihan. [Randi]

Related posts