26.9 C
Banda Aceh

Tak hanya di Jakarta, Banda Aceh juga ada Car Free Day

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Cara sehat menghabiskan akhir pekan adalah berolah raga pagi di kawasan Car Free Day (CFD). Ternyata, CFD tak hanya asyik di Jakarta saja. Di Banda Aceh, pun bisa menikmati jalanan bebas kendaraan.

Setelah lama vakum sejak 2016 lalu, CFD di Banda Aceh kembali di aktifkan oleh pemerintah setempat, Minggu (11/2). CFD juga disebut sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat Banda Aceh dalam mengurangi emisi gas yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Acara Car Free Day dilaksanakan setiap hari Minggu mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB. Areanya di sepanjang Jl T Daud Beureuh, mulai dari Simpang Lima hingga perempatan Jambo Tape.

- Advertisement -

Meski baru hari ini kembali diaktifkan, masyarakat Banda Aceh menyambut antusias acara ini dengan ditandai banyaknya masyarakat ke kegiatan Car Free Day.

Sekitar 40 komunitas olahraga, seperti skateboarding, inline skate, break dance, sepatu roda dan komunitas lainnya turut memeriahkan acara ini.

Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, Car Free Day ini juga bisa dimanfaatkan oleh para pedagang, untuk meningkatkan perekonomian warga.

“Selain berolahraga, warga bisa berjualan disepanjang jalan, tidak dikutip biaya, dan juga menjadi ajang kampanye go green sehari tanpa kendaraan bermotor,” katanya saat launching Car Free Day di lokasi.

Kata dia, kegiatan ini sudah lama terhenti. Dan ia berkomitmen agar CFD ini tidak lagi terputus. Sehingga menjadi rutinitas warga setiap minggu pagi.

“Sekarang kita aktifkan kembali setiap Minggu, agar warga bisa mendapatkan ruang terbuka lebih banyak saat hari libur,” sebutnya.

Ke depan, lanjut Aminullah, CFD di Banda Aceh bisa menampilkan atraksi kebudayaan dan hiburan seperti stand up comedy dan musik band.

Disamping itu, ia berharap agar kegiatan CFD ini dibingkai dengan semangat menjaga Syariat Islam. Seperti tidak berpakaian yang menampakkan aurat dan menjaga kebersihan. [Randi]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Polres Subulussalam Periksa Personelnya yang Positif Narkoba

Subulussalam (KANALACEH.COM) - Waka Polres Subulussalam Kompol Erwin membenarkan adanya seorang Personel di Polres Subulussalam yang positif menggunakan narkoba.Hal itu diketahui saat Propam Polres...

Warga Babahlung Dikejutkan Dengan Penemuan Bayi Baru Lahir

Blangpidie (KANALACEH.COM) - Warga gampong Babahlung,Balangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) dikejutkan dengan penemuan bayi. Sesosok bayi yang berjenis kelamin perempuan tersebut ditemukan dikantin di gampong Babah Lhung...

Lagi, Warga Kuala Batee Meninggal Akibat Terkena Mesin Pembabat Ruput

Blangpidie (KANALACEH.COM) - Warga Keude Baro kecamatan Kuala Batee Aceh Barat Daya (Abdya) meninggal dunia akibat terkena pecahan mata mesin pembabat rumput. Akibat kejadian...

Hasil Tes Urine, Lima Personel Polda Aceh Positif Narkoba

Banda Aceh (KANALACEH.COM) - Bidang Propam Polda Aceh menggelar tes urine ke sejumlah personel di jajaran Polda Aceh. Dari hasil itu, lima diantaranya positif...

Berita Terbaru