BKSDA Aceh lepasliarkan Trenggiling dan Kukang di Hutan Jantho

BKSDA Aceh lepasliarkan Trenggiling dan Kukang di Hutan Jantho
Kukang (Nictycebus Coucang) yang dilepasliarkan ke Hutan Jantho, Aceh Besar, Rabu (14/2). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALAACEH. COM) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melepasliarkan dua satwa dilindungi di kawasan wisata Hutan Jantho, Aceh Besar, Selasa (13/2).

Kedua satwa itu ialah (Trenggiling Manis Javanica) dan Kukang (Nictycebus Coucang). Selain dua satwa itu, seekor kura-kura darat (Manouriaemys) yang tergolong dalam satwa tidak dilindungi juga dilepaskan.

Koodinator Perawatan Satwa BKSDA Aceh, Taing Lubis mengatakan, ketiga satwa itu didapati pihaknya dari masyarakat yang menyerahkan secara sukarela.

Kukang tersebut ditemukan warga dalam pekarangan sekolah, lalu mengamankanya dan kemudian menyerahkan kepada pihaknya. Selanjutnya mereka merawat Kukang itu di kandang selama delapan hari sebelum dilepasliarkan kembali.

Sementara Trenggiling dan Kura-Kura merupakan satwa yang diserahkan secara sukarela oleh Komandan Kodim 0101/BS Kodam Iskandar Muda, pada Senin (12/2) lalu.

Pihak Kodim mendapati satwa tersebut dari masyarakat di beberapa wilayah di Aceh Besar untuk diserahkan kepada BKSDA Aceh untuk dititipkan di tempat konservasi atau dilepasliarkan.

”Pemilik satwa mengaku bahwa Trenggiling dan kura-kura baru  empat hari diperolehnya,” ujar Taing.

Taing menjelaskan, bahwa satwa yang dilepasliarkan tersebut dalam keadaan sehat, masih bersifat liar dan tidak mengalami cacat.

Juga mengingat satwa tidak baik jika berada di dalam kandang terlalu lama, karena akan mempengaruhi pada faktor psikis satwa yang terbiasa diberi pakan, sebab itu mereka melepasliarkan dalam waktu cepat.

”Kukang mudah beradapatasi di hutan, Kalau trenggiling kondisinya sangat bagus, dia langsung bereaksi cepat, apalagi tadi kita lepaskan di pohon yang banyak rayap. Trenggiling sendiri dia sebagai hewan pembersih hama di kawasan hutan jadi dia menjaga tumbuh-tumbuhan tetap sehat,” katanya. [Randi]

Related posts