Kemenag Aceh dan Wabup bangun KUA di Susoh

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar dan Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh  melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Urusan Agama (KUA). Yang juga akan difungsikan sebagai Balai Nikah dan Manasik Haji di Kecamatan Susoh, Selasa (22/5).

Peletakan batu pertama ini disaksikan oleh Kepala KUA dan karyawan KUA Kecamatan Susoh, sejumlah Penyuluh Agama dan Guru Madrasah. Serta Pejabat Muspika di antaranya, Camat, Kapolsek, dan Kades setempat.

Muslizar.mt mengatakan, dulu KUA susoh cuma melayani tempat pernikahan saja. Kini diubah menjadi  balai pernikahan dan menasik haji.

” Selain itu, tugas KUA bukan hanya mengurus pernikahan saja akan tetapi juga harus mengurus jamaah  haji, itu lah yang di maksud dengan balai pernikahan dan menasik haji,” katanya

Hal senada juga di sampaikan Kakanwil Aceh, Daud Pakeh mengatakan proses pembangunan kantor KUA  ini diharapkan selesai tepat waktu di tahun ini.

Pada Tahun depan, lanjut dia, sudah bisa dimanfaatkan penggunaannya untuk melayani masyarakat dan umat di kecamatan Susoh.

Terkait program dan kegiatan keagamaan seperti Pencatatan dan Pelaksanaan Nikah, Manasik Haji, Penyuluhan Keagamaan dan sebagainya.

Ia menaruh harapan besar kepada KUA Susoh untuk bisa membantu instansi Pemerintah daerah, khususnya di kecamatan ini dalam melakukan pembinaan keagamaan kepada masyarakat.

“Bangunan ini juga nantinya diharapkan akan menjadi sentra pelayanan masyarakat khususnya di bidang keagamaan,” kata dia. [Jimi Pratama]

Related posts