“Putri Duyung” Indonesia pecahkan rekor Nasional di Sabang Internasional Freediving

Nikita. (Kanal Aceh/Randi)

Sabang (KANALACEH.COM) – Atlit freediving Indonesia, Nikita Fima Atriyu berhasil memecah rekor nasional pada ajang Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018 yang digelar di Balohan, Sabang, Aceh. Nikita memecahkan rekor nasional dari disiplin ilmu Constant Weight (CWT) dan disiplin Free Immersion (FIM).

Pada disiplin CWT, Nikita berhasil memecahkan rekor nasional dengan menyelam hingga kedalaman 43 meter, sehingga dirinya memecahkan rekor miliknya sendiri dengan torehan sebelumnya 41 meter.

Pada disiplin FIM, wanita yang berjuluk putri duyung Indonesia ini juga memecahkan rekor nasional milik pribadinya dengan nilai kedalaman mencapai 42 meter. Sebelumnya ia memiliki catatan sedalam 40 meter.

“Alhamdulillah, disipilin pertama (CWT) saya menorehkan rekor nasional milik saya sendiri. Tahun lalu hanya 41 meter dan sekarang berhasil mencapai 43 meter. Sedangkan hari ini, saya juga mencatatkan rekor nasional dengan capaian 42 meter, sebelumnya 40 meter,” ujar Nikita saat ditemui dilokasi acara Freediving Selasa (6/11).

Ia baru pertama kali mengikuti event freediving di Sabang, sekaligus juga kali pertama menginjakan kaki di Aceh.

“Semoga acara ini lebih baik lagi. fasilitasnya semakin lengkap. Teman-teman mancanegara juga bilang ke saya, freediving di Sabang tahun ini lebih baik daripada tahun kemarin. Yang kendala hanya akses internet,” kata Nikita.

Ketua Indonesia Freediving Asosiation (IFA) Stanley Sradaputta mengatakan, event SIFC 2018 banyak athlit yang ingin memecahkan rekor di negaranya masing-masing. Termasuk Freedive dari Indonesia.

“Banyak yang pecah rekor nasional, ada 17 atlit yang berencana memecahkan rekor negara masing-masing di event SIFC 2018 ini,nanti kita lihat di hasil akhirnya gimana,” katanya.

SFIC 2018 diikuti 38 peserta yang berasal dari 23 negara. Tuan rumah Indonesia menyertakan dua atlit, wanita dan pria yakni Nikita Fima Atriyu dan Galih.

Tiga disiplin ilmu diperlombakan pada SIFC 2018, yakni Constant Weight (CWT) yang diselenggarakan 3-4 November, Free Immersion (FIM) 5-6 November dan Constant Weight no Fins (CNF) pada 7-8 November 2018. [Randi/rel]

Related posts