20 Etnis Rohingya yang mendarat di Idi dipindah ke Imigrasi Langsa

Ilustrasi, Ethnies Rohingya yang terdampar di Idi, Aceh Timur. (Foto: BPBA)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – 20 etnis Rohingya yang menepi di perairan Idi, Kabupaten Aceh Timur, Selasa (4/12) pagi kemarin telah dipindahkan ke kantor imigrasi kota Langsa. Mereka direlokasi lantaran Pemkab Aceh Timur tidak punya tempat untuk menampung.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri mengatakan mereka dipindahkan ke sana karena mengingat kondisi tempat penampungan dan beberapa fasilitas lain yang tidak mencukupi. Sehingga mereka terpaksa dipindahkan untuk mendapatkan pelayanan lebih layak.

“Mereka sekarang sudah diantarkan kota Langsa. Sekarang posisinya mereka di kantor keimigrasian,” kata Alhudri, Rabu (5/12).

Baca: Dua Minggu di laut, 20 Ethnies Rohingya terdampar di Aceh Timur

Alhudri mengungkap, para etnis muslim Rohingya ini semuanya lelaki dewasa. Tidak ada anak-anak dan perempuan dalam rombongan tersebut. Pihaknya melalui Dinsos Aceh Timur, telah  membantu memberikan logistik berupa sandan dan pangan.

Sementara untuk penanganan lebih lanjut mereka telah diserahkan keimigrasian karena menyangkut warga asing. Keimigrasian di Langsa adalah perpanjangan tangan dari Kemenkumham.

“Tindak lanjut sudah diserahkan keimigrasi artinya karena ini menyangkut warga asing. Sehingga kita tidak boleh sambarangan sekalipun Keppres 125 tahun 2016, tentang koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terkait penanganan masyarakat pengungsi etnis Rohingya,” ucapnya.

Meski demikian, sebut Alhudri, dalam hal bantuan kemanusiaan Dinsos akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Pihaknya akan mengirimkan surat kepada Menkopolhukam, Kemenkumham, IOM, UNHCR, dan Kemensos.

“Semua ini kita surati mudah-Mudahan nanti ada tindak lanjutnya sehingga penanganan ini ke depan lebih teroganisir dengan baik,” sebutnya. [Rino Babahrot]

Related posts