Pemerintah Aceh galang dana untuk korban tsunami Selat Sunda

Basarnas.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh menyampaikan duka mendalam atas musibah Tsunami Selat Sunda di Banten dan sekitarnya, yang terjadi pada Sabtu malam (22/12).

Masyarakat Aceh yang pernah mengalaminya di tahun 2004 lalu, paham akan kesulitan yang dialami para korban. Namun Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yakin, seluruh masyarakat Banten akan kuat dan tabah, dengan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk itu Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menggalang dana untuk korban tsunami di Banten dan sekitarnya. Donasi yang sudah terkumpul saat ini baru mencapai sekitar Rp 33 juta. Dan dipastikan akan terus bertambah.

Baca: Suami mantan Putri Indonesia asal Aceh meninggal akibat tsunami Banten

“Pemerintah Aceh bersama seluruh komponen masyarakat melakukan pengumpulan dana untuk meringankan penderitaan saudara kita di Banten dan sekitarnya. Sumbangan itu bisa langsung dikirim ke rekening 20560100090554 Bantuan Donasi Gempa Lombok, BRI KCP Peunayong,” kata kepala BPBA, T. Ahmad Dadek dalam keterangannya, Minggu (23/12).

Baca: Korban tewas tsunami selat Sunda capai 168 orang

Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) merilis data korban tewas akibat terjangan tsunami di Banten dan Lampung Selatan. Data BNPB melaporkan sejauh ini sudah 222 orang tewas, 843 orang luka-luka.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan data keseluruhan 222 korban tewas. Menurutnya, data ini sementara karena proses evakuasi masih berjalan. [Randi]

Related posts