Proyek Gedung Kanwil Kemenag Aceh Juga Terlilit Skandal Korupsi

Kantor kemenag aceh. (pikiran merdeka)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kementerian Agama (Kemenag) terus didera skandal korupsi. Kantor Menteri Agama digeledah KPK setelah ditangkapnya eks Ketum PPP Romahurmuziy. Skandal juga melilit berbagai Kanwil Wilayah Kemenag di berbagai wilayah. Aceh salah satunya.

Dari catatan yang dilansi laman Detik.com, Selasa (19/3), skandal korupsi itu terjadi kala APBN 2016 mengucurkan dana miliaran rupiah. Tujuannya untuk pembangunan Gedung Kakanwil Kemenag Aceh.

Baca: Dirut PT Supernova ditahan terkait dugaan korupsi gedung Kemenag Aceh

Ads

Dalam proyek itu, ditunjuklah pejabat pembuat komitmen, Yuliadri. Ia bermain dengan rekanan yang mendapat pengerjaan proyek, Direktur PT Supernova, Hendra Saputra.

Belakangan, patgulipat itu tercium BPK dan kejanggalan diserahkan ke kejaksaan. Akhirnya, Yuliadri dan Hendra ditangkap dan diadili.

Baca: KPK Ultimatum Seluruh Jajaran Kemenag di Tanah Air

Pada 21 Februari 2019, jaksa menuntut Yuliadi selama 1,5 tahun penjara karena dinilai korupsi proyek pembangunan gedung. Adapun Hendra juga dituntut serupa. Bedanya, Hendra diwajibkan mengembalikan uang Rp 1,01 miliar.

“Dengan ketentuan apabila terdakwa tidak membayar uang pengganti tersebut paling lama dalam waktu satu bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi sisa uang pengganti tersebut. Dalam hal terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama 6 bulan,” demikian tuntut jaksa.

Kasus ini masih berlangsung di PN Banda Aceh. []