5.500 Ekor Itik di Bagikan ke Kelompok Tani di Aceh Tenggara

ilustrasi.
--Ads--
loading...

Kutacane (KANAL ACEH.COM) – Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara menyalurkan bantuan itik sebanyak 5.500 kepada kelompok tani ternak, yang tersebar di Bumi Sepakat Segenep Kutacane.

Marahalim Sekretaris Distan Kabupaten Aceh Tenggara sekaligus sebagai PPK pengadaan itik ini menjelaskan, untuk pengadaan itik tahun 2019 bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) senilai Rp 8,7 miliar, untuk pengadaan itik sebanyak 87.000 ekor, kontrak mulai berjalan bulan Juli berakhir Desember 2019.

Pihak rekanan hingga bulan Agustus baru mendistribusikan itik sebanyak 6000 ekor, namun yang diterima 5500 ekor yang 500 ditolak oleh tim PHO. Sebab, tidak sesuai dengan spek. Sedangkan  5500 ekor sudah dibagikan kepada 11 kelompok tani peternak, di Kecamatan Babul Makmur, Lawe Alas, Babul Rahmah, Lawe Sumur dan Lawe Bulan.

Ads

Adapun syarat kelompok yang mendapat bantuan itik harus mampu memelihara, memiliki kandang seluas 8×12 Meter ini kusus tempat istirahat itik. Kemudian mampu mengadakan pakan dengan perhitungan secara teknis, 1 ons per itik untuk satu hari, baik pakan pelet atau umbi batang rumbia.

Setelah dibagikan pihak penangkar didatangkan untuk memberikan sosialisasi pada kelompok penerima bantuan itik, cara memelihara, merawat dan mengendalikan makan itik. “Sedangkan dana sosialisasi diambil dari sisa tender Rp 100 juta ditambah lagi bantuan dari PT Bank Aceh,” ujar Marahalim. [Seh Amin]