Mawardi Akui Kekeringan di Mata Ie Akibat Maraknya Ilegal Logging

(foto: humas Aceh Besar)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kolam Mata Ie di Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar mengalami kekeringan akibat titik puncak musim kemarau 2019.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, menyebutkan bahwa kekeringan ini juga tidak lepas dari aktivitas penebangan pohon secara ilegal yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga, jika memasuki musim kemarau, debit air berkurang dan terjadi kekeringan.

Untuk itu ia berharap Pemerintah Aceh dan juga kepolisian lebih serius dalam menangani ilegal logging.

Ads

Baca: Kolam Mata Ie Kembali Kering

“Dengan maraknya penebangan liar seperti di Seulimum, Jantho, Lamteuba, Lhoong juga Leupung, maka terjadilah seperti sekarang ini, maka dari itu, kami minta Pemerintah Aceh dan Polda Aceh bisa menuntaskannya secepat mungkin,” katanya.

Untuk menghadapi kekeringan itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar berdo’a di meunasah, masjid, atau di tempat masing-masing, untuk untuk melaksanakan Shalat Istisqa’.

“Kami mengimbau, agar masyarakat bisa melaksanakan shalat minta hujan, semoga Allah menurunkan hujan, agar kita bisa menikmati kembali air bersih,” pintanya.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Mountala, Sulaiman akan mengupayakan alternative lain dalam penyuplaian air bersih. Ia yakin, dari 13.000 pelanggan PDAM, sebagian mampu di bantu suplai air dari WTP Lambaro dan Siron. [Randi]

Ads