Aceh Tenggara Target Masuk Final di Enam Cabang MTQ ke 34 di Pidie

Ilustrasi

Kutacane (KANALACEH.COM) – Sebanyak 42 Qori dan Qoriah dipersiapkan oleh Dinas Syariat Islam Aceh Tenggara (Agara), untuk mengikuti pelaksanaan MTQ ke-34 Tingkat Provinsi Aceh, yang akan berlangsung di Kabupaten Pidie, 20 hingga -28 September 2019.

Kebarangkatan kafilah ini, di lepas oleh Wakil Bupati Kabupaten Aceh Tenggara Kamis (19/9), di pelataran parkir Sekdakab setempat.

Wakil Bupati Aceh Tenggara berpesan, untuk para peserta agar tetap semangat, dan tetap menjaga kesehatan.

Baca: Sabang Targetkan Bisa Juara di MTQ ke 34 di Pidie

“Saya yakin, persiapan yang kalian miliki sudah mantap, kalah menang dalam perlombaan itu soal biasa, sekali lagi saya berharap agar bisa mencapai kemenangan dan membawa harum Daerah Bumi Sepakat Segenep kita,” harap wakil bupati.

Sekretaris Dinas Syariat Islam Aceh Tenggara, Ruhbani, mengatakan puluhan Qori dan Qoriah ini, telah dipersiapkan melalui Training Center (TC) selama 14 hari, di Hotel Bali Buene Kutacane, guna digodok dan diasah kemampuan mereka.

Baca: Kafilah Subulussalam Targetkan Masuk 5 Besar pada MTQ di Pidie

“Ke 42 Qori dan Qoriah ini, merupakan para pemenang MTQ Tingkat Kabupaten, yang dilaksanakan dua tahun terakhir, yakni di tahun 2018 dan 2017 lalu,”ujarnya.

Baca: Di MTQ Pidie, Muslizar Harap Kafilah Abdya Tampil Maksimal

“Dari rapat panitia pendamping bersama peserta dan official, target kita bisa masuk final di enam cabang yang diperlombakan di MTQ Aceh ini. Diantaranya, kata dia Cabang Tilawah, Tahfizd, Syarhil, Fahmil, Kaligrafi, Tafsir dan terakhir MMQ (Musabaqoh Makalah Al-quran),” ujarnya lagi.

Seperti diketahui sebut Ruhbani, prestasi tertinggi Aceh Tenggara di ajang MTQ Tingkat Provinsi adalah, meraih juara 1 Cabang Tafsir, Tilawah Juara 3. Bahkan di Tahfiz Quran juga mampu masuk ke Final.

“Kita akui memang, diajang MTQ tingkat Provinsi Aceh, pesaing-pesaing dari kabupaten/kota yang ada di Aceh sangat berat, ditambah kualitas mereka juga di atas rata-rata. Bahkan ada yang sudah ber skala dunia, seperti Qori yang berasal dari Banda Aceh,” ungkap Ruhbani.

Pun demikian, seluruh peserta dan tim official tidak akan patah arang dan berusaha sekuat tenaga, untuk unjuk kebolehan di ajang tersebut. [Seh Amin]

Related posts