Ilham Habibie Komit Bantu KEK Syariah Surin Abdya

(ist)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Ketua Umum Majelis Pimpinan Pusat (MPP) Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI), Ilham Habibie berkomitmen membantu percepatan lahirnya kawasan ekonomi khusus (KEK) surin yang bersyariah di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Surin Industrial Smart City (SISC) Abdya, Habiburrahman seusai menggelar pertemuan terbatas denganIlham Habibie. Pertemuan itu turut dihadiri oleh pengurus ISMI pusat dan ISMI Aceh, Wakil Bupati Abdya Muslizar MT dan Tim task force SISC Abdya, Jumat malam di kediaman Pendopo Habibie-Ainun, Jakarta.

“Alhamdulillah, Pak Ilham Habibie saat pertemuan itu, secara tegas menyampaikan secara berkomitmen membantu percepatan lahirnya KEK surin yang bersyariah, dan menjadi proyek keummatan pertama dalam sejarah pengembangan ekonomi di Indonesia,” ujar Jubir SISC Abdya, Habiburrahman.

Dalam pertemuan khusus itu, Ilham tak hanya mempertanyakan kemajuan KEK Surin, pasca dirinya menunjuk Andy Yudi Hendriwan ketua akselerasi KEK Surin, dengan nomor 016/SKK-ISMI/IX/2019 dan juga kepada Ketua ISMI perwakilan Aceh Nurchalis selaku Pengarah Pusat.

“Ia menyatakan SK yang dikeluarkan itu sebagai bagian dari keterlibatan ISMI dalam mempercepat proses terwujudnya kawasan ekonomi khusus, sebagaimana target yang telah disepakati dalam MoU kerjasama antara Pemerintah Abdya dan ISMI,” ungkapnya.

Habibie Ilham berencana, kawasan ekonomi Surin berbeda dengan daerah lain, karena pihaknya akan melakukan pendekatan pada nilai khusus Aceh yaitu kawasan ekonomi syariah.

“Sehingga, ini akan menjadi contoh pertama di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua tim perumus, Andi di depan Ilham Habibie, mengatakan bahwa progres KEK surin Abdya sudah mulai bekerja, dan sedang menyusun percepatan lahirnya seluruh kebutuhan yang dibutuhkan termasuk seluruh dokumen dan kebijakan relasi lainnya.

“Dalam rencananya KEK surin akan menjadi salah satu kawasan ekonomi yang berbasis, pada nilai syariah dan berhulu pada industri halal, dan pertumbuhan kawasan ekonomi dengan mengedepankan sisi keummatan dan kerjasama jangka panjang,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, ketua tim task force SISC, Miswar Fuady menyambut baik rencana kerja yang sedang digagas oleh ISMI pusat.

“Ini merupakan tindak lanjut kerja sama, yang sangat baik bagi pengembangan kawasan ekonomi khusus surin,”katanya.

Ia berharap kerjasama itu, semakin mempercepat dan penetapan kawasan KEK segera di tetapkan oleh Gubernur Aceh, dan memilih kawasan surin sebagai sebuah kawasan KEK untuk Barsela dengan skema usulan Konsorsium. [Jimi Pratama]

Related posts