Polisi Bongkar Pabrik Rekondisi iPhone 11

VIVA

Tangerang (KANALACEH.COM) – Kepolisian Resor Kota Tangerang membongkar pabrik rekondisi telepon pintar atau smartphone iPhone di Ruko Grand Boulevard Blok E, Desa Ciakar, Panongan, Tangerang, Banten, Minggu (17/11).

Pabrik perakitan handphone ilegal yang baru beroperasi sebulan itu digerebek oleh polisi setelah ada laporan masyarakat yang curiga akan kegiatan di dalam ruko.

“Awal mulanya, karena laporan masyarakat yang mencurigai aktivitas mereka, mendapati hal itu kami langsung melakukan penyelidikan hingga akhirnya kami dapat membongkar pabrik handphone ilegal ini,” kata Kepala Polres Kota Tangerang AKBP Ade Ary Syam, seperti dilansir laman VIVAnews.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pabrik tersebut merupakan lokasi perakitan iPhone berbagai tipe mulai iPhone 6s, iPhone X hingga iPhone 11 yang dikirim dari Singapura menuju Batam dengan kondisi rusak, kemudian dikirim lagi ke Tangerang untuk dirakit ulang. Pabrik dikelola oleh dua orang yang kini ditetapkan sebagai tersangka dengan inisial R dan WS.

“Dalam proses pendistribusiannya tersebut pun mereka melakukannya secara online, baik melalui situs aplikasi belanja online ataupun web link handphone murah,” ujarnya.

Dalam proses produksi, pabrik itu sanggup menghasilkan 50 sampai 100 unit per hari dengan nilai penjualan mulai dari Rp4 sampai Rp8 juta per unit dan omzet mencapai Rp150 juta per bulan.

Menurut para tersangka, ponsel-ponsel rekondisi itu cukup diminati masyarakat yang memang menginginkan bergaya hidup mewah dengan modal yang cukup murah.

Polisi menyita 1.697 unit iPhone dalam penggerebekan itu. Kedua tersangka ditahan di Markas Polresta Tangerang dan dijerat pasal pasal berlapis, di antaranya Pasal 62 ayat (1) juncto Pasal 8 ayat (1) huruf f dan j Undang-Undang Perlindungan Konsumen, Pasal 104 dan 106 Undang-Undang Perdagangan, Pasal 120 ayat (1) Undang-Undang Perindustrian, Pasal 52 Undang-Undang Telekomunikasi dengan ancaman hukuman pidana penjara lima tahun. []

Related posts