Gerhana Matahari Cincin Terlihat Sempurna di Simeulue

--Ads--
loading...

Simeulue (KANALACEH.COM) – Gerhana matahari menyapa seluruh Aceh Kamis 26 Desember. Dari 23 kabupaten/kota, hanya dua daerah yang dilewati gerhana matahari cincin (GMC) yaitu Simeulue dan Aceh Singkil.

Di halaman masjid Baiturrahma, Kabupaten Simeulue, Aceh gerhana matahari cincin terjadi pada pukul 11:55 WIB dan hanya berlangsung selama 2 menit 53 detik.

Tampak dari teleskop, gerhana matahari cincin di Simeulue sempurna, berbentuk cincin.

Ads

Detik-detik menjelang gerhana matahari cincin, suasana matahari di Kabupaten Simeulue sempat meredup, namun hanya beberapa menit saja. Kemudian, kembali terang.

Ribuan masyarakat yang menyaksikan gerhana matahari cincin juga tampak antusias, secara bergantian warga melihat proses gerhana matahari dari teleskop dan kacamata gerhana yang telah dibagikan.

loading...

Menjelang gerhana cincin, ribuan warga juga menggelar shalat kusuf untuk menyambut fenomena alam tersebut.

Kepala kantor wilayah Kementrian Agama Aceh, Daud Pakeh, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan ibadah pada hari terjadinya fenomena alam yang berkaitan dengan ibadah umat Islam tersebut.

Dengan cara memperbanyak berdoa, zikir, sedekah dan membaca al-Qur’an serta melakukan amalan lainnya pada hari terjadinya gerhana matahari. [Randi]

Ads