Dua Unit Fasilitas Kantor di Simeulue Rusak Akibat Gempa

(ist)
--Ads--
loading...

Simeulue (KANALACEH.COM) – Dua unit sarana kantor instansi pemerintahan di Kabupaten Simeulue mengalami keretakan ringan, dan sebagaian kaca jendela pecah yang diakibatkan guncangan gempa 6,4 skala richter, pada Selasa (7/1)  pukul 13:05 WIB.

Informasi yang diperoleh, gempa tersebut turut merusak bagian kaca kantor Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Simeulue. Kemudian, bangunan kantor Satpol PP setempat retak.

“Dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut sebanyak 2 unit sarana pemerintah mengalami keretakan ringan, dan sebagian kaca jendela pecah,” kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi saat dikonfirmasi.

Ads

Baca: Gempa 6,4 SR Guncang Simeulue, Warga Panik

Agar menghindari dari bangunan retak yang diakibatkan oleh gempa, kata dia, warga diimbau untuk memeriksa bangunan tempat tinggalnya, sebelum kembali kedalam rumah masing-masing.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Sebelumnya, gempa dengan kekuatan 6,4 SR mengguncang kepulauan Simeulue. Gempa itu, juga dirasakan oleh warga sekitar. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Simeulue (KANALACEH.COM) – Gempa mengguncang wilayah Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh, Selasa (7/1) pukul 13:05 WIB. Gempa berkekuatan 6,4 SR itu juga cukup dirasakan warga sekitar. Informasi yang diperoleh dari BMKG menjelaskan, gempa itu terjadi di 24 kilometer Barat Daya Sinabang, dengan kedalaman 13 kilometer. Lokasi gempa berada titik koordinat 2.29 Lintang Utara, 96.24 Bujur Tmur. “Gempa Magnitude 6.4, 07 Januari 2020 13:05:18 WIB, Lokasi 2.29 LU, 96.24 BT (24 km BaratDaya SINABANG-ACEH), Kedalaman13 kilometer,” tulis BMKG. Salah seorang warga Sinabang, Abi mengatakan, gempa yang terjadi sangat dirasakan oleh warga. Bahkan kata dia, ada sekitar 20 detik gempa itu terjadi. Sehingga, banyak warga berhamburan keluar rumah. “Cukup lama, ada 20 detik lebih, awalnya pelan, tiba-tiba kencang jadi warga berlarian ke luar rumah,” kata dia saat dihubungi. Bukan hanya di Simeulue, gempa juga dirasakan di Aceh Selatan, Aceh Singkil, Nias, Medan dan Kabupaten Meulaboh. Menurut BMKG, gempa yang berpusat Barat Daya Sinabang itu tidak berpotensi tsunami. [Randi] #acehbarat #aceh #acehgayo #acehtenggara #acehtimur #acehbesar #acehsingkil #acehselatan #acehtamiang #gempabumi #sinabang #simeulue #wargapanik #

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads