Masih Ada 93 Jembatan Kabel di Aceh

Ilustrasi, Jembatan kabel. (Foto: simomot)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh melalui  Biro Administrasi Pembangunan Aceh melaksanakan survey jembatan kabel di seluruh Aceh. Dari survey yang dilakukan diidentifikasi sebanyak 93 lokasi jembatan kabel yang tersebar di Aceh.

Survey ini dilaksanakan guna mendukung “Aceh Bebas Jembatan Kabel 2022” sebagaimana yang ditargetkan pemerintah.

Karo Administrasi Pembangunan Setda Aceh Mounti Syurga mengatakan, tujuan dilakukan survey yaitu untuk mendapat data akurat terkait jumlah, posisi dan kondisi jembatan.

“Jembatan-jembatan kabel itu akan diganti dengan jembatan gantung yang aman dilalui masyarakat dan kendaraan roda dua,” ujar Mounti, Minggu (8/3).

Mouti menjelaskan, ke-93 jembatan kabel yang berhasil diidentifikasi tersebut masing-masing tersebar di sepuluh kabupaten/ kota di Aceh. Ke sepuluh daerah tersebut yaitu Aceh Timur, Pidie, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Aceh Barat, Kota Subulussalam, Aceh Jaya, Nagan Raya dan Singkil.

Dari sepuluh kabupaten itu Aceh Timur merupakan kabupaten dengan jumlah jembatan kabel terbanyak, yakni berjumlah 31 jembatan kabel. Selanjutnya Aceh Jaya sebanyak 12 jembatan kabel, Nagan Raya 11 jembatan kabel, Gayo Lues 10 jembatan kabel. Kemudian disusul Subulussalam 8 jembatan kabel, Bener Meriah 7 jembatan kabel, Tamiang 5 jembatan kabel,  4 jembatan kabel, Singkil 3 dan Aceh Barat 2 jembatan kabel.

Sementara itu, Mounti juga menyebutkan, beberapa desa di Aceh juga masih menggunakan rakit sebagai media penyeberangan. Untuk itu pihaknya berharap pembangunan jembatan gantung dapat dilaksanakan untuk desa-desa tersebut. [Fahzian/rel]

 

View this post on Instagram

 

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Menikmati keindahan biota bawah laut langsung dengan mata kepala sendiri menjadi sensasi yang tiada kiranya. Buat kamu belum memiliki lisensi, bisa intip dulu spot diving terbaik di Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil ini untuk menambah semangatmu untuk mendatanginya. Keindahan bawah laut Kepulauan Banyak, memang patut diperhitungkan. Sudah banyak wisatawan mancanegara yang menjajal keindahan destinasi dengan jumlah 63 gugusan pulau, yang tersebar di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat. Saat ini, sudah ada tiga lokasi yang menjadi rekomendasi untuk melakukan diving di Kepulauan Banyak. Spot menarik di sana antara lain titik Gosong Langkek, Gosong Kapalo di sekitar Pulau Biawak dan Gosong Baledang dekat Pulau Tambarat. Tiga lokasi diving tersebut, memilik keindahannya masing-masing. Mulai dari panorama kapal karam yang sudah berusia belasan tahun, aneka bentuk batu karang berbagai ukuran hingga biota laut, akan menemani penyelam untuk menikmati keindahan lautnya. Rata-rata kedalaman lokasi diving tersebut antara 4 meter hingga kedalaman 40 meter. Buat kamu yang belum profesional tenang saja, di lokasi ini sudah ada professional diver yang siap menjagamu tetap aman. Jadi nggak perlu khawatir saat mengeksplorasi bawah lautnya. Seorang Petugas Diving Center Pulau Banyak-Aceh Singkil, Romi Sasja, mengatakan tiga lokasi tersebut memang menjadi pilihan para penyelam. Kata dia, bagi siapa saja bisa melakukannya untuk menikmati keindahan bawah laut Kepulauan Banyak. Baca: Bangkaru Dihuni Sejuta Penyu Langka di Pulau Banyak Barat “Rata-rata kedalaman dari 4 meter hingga 40 meter. Tentunya penyelam menggunakan tabung (belum ada lisensi) akan kita dampingi,” kata Romi kepada kanalaceh.com, Minggu (8/3). Selengkapnya di www.kanalaceh.com #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #sabang #spot #diving #kepulauanbanyak #balohan #acehsingkil #biota #bawahlaut #laut #perairan #kepulauan #divingcenter

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts