Surati Kemenhub, Bupati Aceh Besar Minta Bandara SIM Ditutup Sementara

Maskapai yang buka rute baru ke Bandara SIM dapat insentif
Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar. (Wikipedia)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Untuk mencegah penyebaran wabah virus corona, Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali menyurati Menteri Perhubungan untuk menutup Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar sementara waktu.

Permohonan penutupan itu disampaikan melalui surat Bupati Aceh Besar tertanggal 27 Maret 2020. Apalagi, saat ini di Aceh sudah ada 4 positif covid-19, satu diantaranya meninggal dunia.

Karena itu, Mawardi Ali berharap untuk sementara waktu penerbangan komersil ditutup untuk tujuan ke Aceh melalui bandara SIM. Kabag Humas Pemkab Aceh Besar, Muhajir membenarkan surat Bupati Aceh Besar tentang permohonan penutupan Bandara SIM tersebut.

Ads

“Iya benar. Surat itu untuk penutupan Bandara SIM,” ujar Muhajir saat dikonfirmasi, Sabtu, 28 Maret 2020.

Surat itu juga ditembuskan ke Gubernur Aceh, DPR Aceh, Eksekutif GM Angkasa Pura II, dan Ketua DPRK Aceh Besar. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, Pemerintah Kota Banda Aceh akan melakukan partial lockdown atau lockdown lokal, terutama di daerah pasien yang terjangkit positif Covid-19. — Kebijakan itu diambil lantaran adanya warga Banda Aceh yang sudah terkonfirmasi positif corona. Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar, mengatakan kebijakan itu diputuskan setelah rapat terbatas dirinya dengan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, di pendopo wali kota, Jumat malam (27/3). — “Kota Banda Aceh akan memberlakukan ‘Partial Lockdown’ atau Lockdown Lokal, terutama kawasan yang tempat tinggal pasien dan terpapar Covid-19, serta kawasan yang sudah terdata Orang Dalam Pemantauan (ODP),” kata Farid Nyak Umar dalam keterangannya. — Kemudian, pihaknya juga segera menyurati Pemerintah Aceh untuk memberlakukan status lockdown untuk Kota Banda Aceh. — “Karena Kota Banda Aceh sebagai ibukota Provinsi Aceh, maka Walikota Banda Aceh akan segera menyurati Pemerintah Aceh, agar Kota Banda Aceh dapat diberlakukan Lockdown,” ucapnya. — Pemko Banda Aceh, juga akan meminta kepada Pemerintah Aceh untuk mendesak pihak terkait agar Bandara Sultan Iskandar Muda untuk ditutup. Menurutnya, ini penting dilakukan karena setiap harinya ada puluhan atau ratusan penumpang yang datang dari Jakarta sebagai kawasan suspect Covid-19. — “Artinya setiap hari ada puluhan atau mungkin ratusan ODP (Orang Dalam Pemantauan) akan masuk ke Kota Banda Aceh atau menyebar ke seluruh Aceh,” ucapnya. — Selengkapnya baca di www.kanalaceh.com . . . #aceh #bandaaceh #lockdown #pidie #acehtimur #langsa #acehbesar #acehjaya #acehselatan #acehbarat #acehtimur #acehutara #lhokseumawe #bireuen #pidiejaya #abdya #sabang #subulussalam #acehsingkil #simeulue #gayolues #takengon #benermeriah #acehtenggara #acehtamiang #corona #covid19 #virus

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Ads