Stok Menipis, BFLF Aceh Singkil Ajak Masyarakat Donor Darah

(ist)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Stok darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil menipis. Menipisnya stok darah disebabkan mewabahnya virus corona.

Informasi yang diperoleh dari pihak rumah sakit, pada hari ini stok darah yang tersedia hanya golongan darah O sebanyak 4 kantong. Sementara golongan darah A, B, AB kosong.

Ketua Harian Blood For Life Foundation (BFLF) Aceh Singkil, Darwis, mengatakan kebutuhan akan darah bagi pasien di rumah sakit selalu datang setiap hari.

“Berdasarkan informasi dari RSUD, stok darah hari ini hanya golongan darah O sebanyak 4 kantong sementara golongan darah A, B dan AB kosong,”

“Sementara hampir setiap hari selalu ada pasien yang membutuhkan transfusi darah, kasian keluarga pasien disamping harus menjaga pasien juga harus berjuang mencari pendonor darah sukarela,” kata Darwis saat dikonfirmasi, Senin (30/3).

Darwis khawatir, pasien yang seharusnya membutuhkan penanganan cepat karena tidak adanya ketersediaan stok darah menjadi tertunda.

“Tak jarang tenaga medis harus menunda tindakan yang akan diambil karena harus menunggu tersedianya darah untuk pasien,” ujarnya.

Darwis mengajak masyarakat Aceh Singkil untuk mendonorkan darahnya dengan mendatangi Unit Transfusi Darah RSUD Aceh Singkil.

“Saya mengajak pendonor darah baik pendonor darah pemula maupun yang sudah rutin mendonorkan darahnya jika sudah saatnya donor agar kiranya mendatangi UTD RSUD Aceh Singkil” harap Darwis.

Selama mewabahnya virus corona, BFLF Aceh Singkil tidak dapat membuat aksi donor darah massal seperti yang biasa dilakukan dengan pihak RSUD, sebab dinilai beresiko. [Khadafi]

Related posts