Gempa 3,9 SR Kembali Guncang Sabang, BMKG: Akibat Aktifitas Sesar Aktif

beritabintang.com
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Gempa berkekuatan 3,9 SR kembali mengguncang Kota Sabang, pada pukul 20:03 WIB, Kamis, 4 Juni 2020.

Gempa tersebut berada di kedalalaman 5 kilometer. Terletak pada koordinat 5,74 Lintang Utara dan 95,24 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di 19 kilometer barat daya Kota Sabang.

“Gempa Mag:3,9 SR, Lok:5,74 LU, 95,24 BT (19 km Barat Daya Kota Sabang), Kedalaman:5 Km,”tulis BMKG yang dikutip dari situs resminya.

Ads

Baca: Cerita Warga Sabang: Rumah Ambruk Saat Gempa Ketiga

Menurut BMKG, gempa yang berpusat di Barat Daya Sabang ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, wilayah Sabang kembali diguncang gempabumi tektonik yang masih merupakan rangkaian gempabumi susulan dari gempabumi dengan M 4,8 pada pagi hari ini.

Baca: Sejumlah Bangunan Rusak Akibat Gempa 4,8 SR di Sabang

Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat 5,74 LU dan 95,24 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 km barat daya Kota Sabang pada kedalaman 5 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar sumatera pada segmen Aceh,” kata Djati.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. [Randi/rel]