Penyebab Suhu Panas di Banda Aceh

(kompas)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Cuaca panas melanda Kota Banda Aceh dan sekitarnya beberapa hari terakhir. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, suhu udara mencapai 34 derajat celcius.

Menurut Kasie Data BMKG Blang Bintang, Zakaria kondisi tersebut karena di sebagian daerah di Aceh sedang memasuki masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Sehingga terjadi suhu tinggi.

“Suhu udaranya tercatat rata-rata mencapai 34 derajat Celsius,” ujar Zakaria saat dikonfirmasi, Kamis (2/7).

Ads

Menurutnya suhu tinggi tersebut akan berlanjut hingga beberapa hari ke depan khususnya di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Sementara di wilayah Aceh Tamiang, Aceh Timur, Langsa, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Tenggara masih diguyur hujan.

Hal itu disebabkan meningkatnya kecepatan angin khususnya untuk wilayah perairan Barat-Selatan, Samudra Hindia Barat Aceh, perairan Utara Sabang dan juga untuk penyeberangan Banda Aceh – Sabang, Meulaboh – Simeulue. [Randi]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menyatakan ada kabar baru untuk sektor minyak dan gas, di mana Aceh bisa mendapat sumber baru dari blok Singkil dan Blok Meulaboh. “Berdasarkan hasil dari Joint Study Assesstment (JSA) yang dilakukan Perusahaan migas asal Singapura, Conrad Petroleum dengan menggandeng Universitas Pembangunan Nasional Veteran dan Frontier Point Ltd serta Universitas Trisakti bahwa Provinsi Aceh berpeluang mendapat sumber baru migas dari Blok Singkil dan Blok Meulaboh di perairan pantai barat-selatan Aceh,” kata Kepala Divisi Eksplorasi dan Eksploitasi, Ibnu Hafizh seperti dilansir laman Antara, Rabu (1/7) Ia menjelaskan dengan adanya sumber baru tersebut menjadi bukti bahwa industri hulu migas di Aceh menunjukkan tren positif, dimana minat dari perusahaan-perusahaan migas baik dari dalam maupun luar negeri cukup tinggi untuk berinvestasi di provinsi ujuang barat Indonesia itu. “Informasi ini dipaparkan dalam presentasi akhir studi bersama di Wilayah Kewenangan Aceh untuk Offshore South West Aceh (OSWA) Blok Singkil oleh Conrad Petroleum dan North West Aceh (ONWA) Blok Meulaboh oleh Frointier Point Ltd melalui video conference pada minggu lalu di hadapan Tim Penawaran Wilayah Kerja (WK) Migas Aceh,” kata Ibnu Hafizh. Dalam presentasi tersebut Conrad Petroleum Ltd dan Frontier Point Ltd berminat melanjutkan hasil studi bersama ke penawaran langsung untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi di area tersebut. Selengkapnya klik di www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #migas #blokB #sumberdayaalam #minyaktanah #gasbumi #esdm #bpma #bloksingkil #potensimigas

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on