27.8 C
Banda Aceh

Meski Pandemi Covid, Zakat Tetap Meningkat di Subulussalam

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Subulussalam (KANALACEH.COM) – Pendapatan dari para muzakki baik pribadi maupun lembaga atau perusahaan di Subulussalam terus mengalami peningkatan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh ketua Baitul Mal kota Subulussalam Sabaruddin S saat ditemui kanalaceh.com di ruangannya, Selasa (19/1).

Sabaruddin menjelaskan, bahwa tahun 2018 secara akumulatif, pihaknya berhasil mengumpulkan zakat para muzakki sebesar Rp 3,7 miliar.

- Advertisement -

Kemudian di tahun 2019 sebesar Rp 4,1 miliar, selanjutnya pada tahun 2020 meski masa pandemi covid-19, pihaknya berhasil memperoleh Zakat sebesar Rp 4,7 miliar.

Lebih rinci, dijelaskan bahwa Sebelumnya, zakat dari para ASN hanya dibawah angka Rp 3 miliar dan dari masyarakat hanya berkisar Rp 200 hingga Rp 300 juta. Sedangkan di tahun 2020, zakat ASN mencapai Rp 3 miliar lebih dan dari masyarakat mencapai Rp 700 juta.

Menurut Sabaruddin, peningkatan tersebut terjadi, selain karena kerjasama yang baik dan penataan kedisiplinan tim Unit Pengumpulan Zakat (UPJ) di dinas-dinas juga tingkat kesadaran masyarakat untuk berzakat sudah mulai meningkat.

“Zakat merupakan salah satu perintah Allah SWT. yang juga masuk dalam rukun Islam ke 4, jika penghasilan sudah mencapai nisab, maka kita wajib hukumnya untuk mengeluarkan zakat, jika belum sampai nisab maka dianjurkan agar berinfaq, sesuai dengan Qanun Aceh nomor 10 Tahun 2018 tentang baitul mal,” kata Sabaruddin Sabar.

Untuk tahun 2021, kata sabar pihaknya terus akan melakukan upaya untuk meningkatkan pendapatan zakat , diantaranya melalui para pengusaha maupun masyarakat yang memiliki perkebunan kelapa sawit seluas diatas 10 Hektar.

Sabar menambahkan, untuk transparansi pengelolaan zakat, pihaknya juga akan memasang beberapa baliho terkait jumlah zakat yang diperoleh Baitul Mal kota Subulussalam dan kemana saja penyalurannya.


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Pria di Aceh Utara Mengamuk Tembak dan Aniaya IRT, Lalu Kabur

Aceh Utara (KANALACEH.COM) - Seorang pria di Gampong Alue Lhok Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara mengamuk dan menembak seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama...

Jampidsus Dapat Mandat Mahfud Untuk Usut Dana Otsus Aceh

Jakarta (KANALACEH.COM) - Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Ali Mukartono mengatakan aparat penegak hukum di Indonesia akan mulai mendalami penggunaan dana otonomi khusus...

10 cara menghilangkan rasa malu

(KANALACEH.COM) - Rasa malu biasa muncul ketika kita berada di lingkungan yang baru atau ketika kita sedang berada di keramaian. Sebenarnya rasa pemalu adalah...

Inilah 5 Syarat Menikahi Polwan Yang Harus Anda Ketahui

Kanal Aceh - Menikah memang harus melewati proses saling mengenal yang tidak bisa dianggap remeh. Baik dari sisi pria maupun wanita. Dari sisi Pria...

Berita Terbaru