Jelang Ramadan, PT Pegadaian Syariah Gelar Bakti Sosial di Banda Aceh

PT Pegadaian Syariah Area Banda Aceh, memberikan bantuan pembinaan kepada panti asuhan Yayasan Penyantu Islam di Banda Aceh, Jumat, (18/3/2022). (Foto: Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dalam rangka menyemarakan Tarhib Ramadan 1443 H, PT Pegadaian Syariah Area Banda Aceh melakukan berbagai kegiatan sosial di bumi Serambi Indonesia.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 18 – 20 Maret 2022. Suksesi kegiatan sosial PT Pegadaian Syariah Area Banda Aceh juga melibatkan berbagai mitra strategis, di antaranya pemerintah daerah, TNI, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Aceh, IIKP Banda Aceh, PMI maupun Dharmawanita RSUD Zainoel Abidin.

Adapun bentuk sosial yang dilakukan PT Pegadaian Syariah Area Banda Aceh, yakni pemberian asupan vitamin dan gizi bagi lansia di Panti Sosial Rumoh Seujahtera Geunaseh Sayang, berupa bantuan kasur, seprei dan handuk yang dibutuhkan untuk Panti Asuhan Penyantun Islam.

Selain itu, bersih-bersih Masjid Al Ishlahiyah Lambhuk Banda Aceh, berupa bantuan peralatan kebersihan masjid dan penerangan serta santunan uang dan pemberian makan anak yatim.

Baca juga: Buronan Kasus Korupsi Pembangunan Dermaga di NTT Ditangkap di Aceh

Tak hanya itu kegiatan Tarhib Ramadhan 1443 H, PT Pegadaian Syariah Area Banda Aceh juga menyalurkan pembagian sembako gratis untuk kaum dhuafa dan fakir miskin di kantor Area Banda Aceh serta kegiatan donor darah gratis, vaksin gratis hingga lomba mewarnai tingkat TK dengan Tema Ramadhan 1443 H.

Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Banda Aceh, Rusydi Tanjung mengatakan, PT Pegadaian Kantor Pusat mengintruksikan Unit Usaha Syariah (UUS) untuk melakukan kegiatan kemasyarakat menjelang Ramadhan 1443 H.

Menurut Rusydi, ada dua Unit Usaha Syariah (UUS) yang diintruksi Pusat menjalankan program ‘berbagi’ bersama, yakni Banda Aceh dan Madura.

“PT Pegadaian Area Banda Aceh ditunjuk Pusat untuk menggagas program-program kebajikan umat menjelang Ramadhan pada tahun ini. Dan saat ini telah terlaksana kegiatan sosial di Area Banda Aceh,” ucap mantan Kepala Departemen Logistik PT Pegadaian Kanwil I Medan.

Rusydi Tanjung menambahkan, bantuan-bantuan yang disalurkan PT Pegadaian merupakan bagian dari sedekah nasabah yang terkumpul.

“Melalui program DKU (Dana Kebajikan Umat), disalurkan lah berbagai bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat,” sebut Rusydi.

Sementara itu, Gopher Manurung memaparkan bahwa kegiatan sosial yang dilakukan PT Pegadaian Area Banda Aceh juga bersinergi dengan kegiatan Gathering Media.

Gopher menyebutkan, Pegadaian Area Banda Aceh merupakan bagian dari PT Pegadaian Kanwil I Medan.

“Cakupan pelayanan Kanwil I Medan meliputi dua provinsi. Yakni Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh. Ada sekitar 50 kantor cabang Pegadaian yang tersebar di wilayah Sumut – Aceh. 9 Kantor Cabang ada di Aceh dan 41 Kantor Cabang di Sumut,” katanya.

Gopher menyampaikan, pencapaian laba di Sumut – Aceh untuk tahun 2021 telah tercapai hingga 103 persen.

“Sementara omset tercapai 91% dengan catatan pembukaan rekening sekitar 80 persen,” ujar Gopher.

Gopher berharap, kepedulian PT Pegadaian untuk masyarakat melalui Kantor Area Banda Aceh dapat bermanfaat bagi yang menerima dan merasakannya menjelang bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

Ketua IPEMI Aceh, Tati menyampaikan kegiatan yang dilakukan PT Pegadaian Area Banda Aceh sangat mulia. “Apalagi, sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat luas,” ucapnya.

Tati mengaku kagum dengan aksi yang dilakukan PT Pegadaian Area Banda Aceh, dimana mengajak berbagai pihak  berkolaborasi untuk satu tujuan, yakni memakmurkan masyarakat di sekeliling kita.

Ustad Syaifuddin, pengurus Panti Asuhan Penyantun Islam mengucapkan terimakasih pada PT Pegadaian Area Banda Aceh beserta rombongan baik IPEMI dan rekan-rekan media.

“Alhamdulillah, di bulan Ramadhan ini, anak-anak panti asuhan dapat tidur dengan enak di kasur baru,” ujarnya. []

Related posts