Daftar 17 Karya Budaya Aceh yang Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Warga mengantri untuk mendapatkan masakan khas Aceh Besar, Ie Bu Peudah. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 17 kearifan lokal Aceh ditetapkan jadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi RI.

Penetapan itu digelar di Hotel Alana Yogyakarta, Jumat, 30 September 2022 yang dibacakan oleh ketua tim ahli WBTB Nasional, Basuki Yuwono. Dan semua karya budaya Aceh itu lolos verifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat oleh tim ahli untuk ditetapkan sebagai warisan budaya.

Dari Aceh, karya budaya yang ditetapkan sebagai WBTB lima diantaranya merupakan kuliner khas Tanah Rencong, yaitu Pisang Sale Lhok Nibong, Sie Reboh dan Ie Bu Peudah dari Aceh Besar, Apam dari Pidie dan Terasi Langsa.

Kemudian 12 lainnya yaitu, Canang Ceurekeh yang merupakan alat musik khas dari Lhokseumawe, Malamang atau tradisi memasak lemang, Meudayang atau tradisi mengambil madu lebah Buloh Seuma di Aceh Selatan. Kemudian Dendang Lebah yang merupakan puisi masyarakat melayu Tamiang.

Selain itu juga ada Smong yang merupakan kearifan lokal warga Simeulue untuk mitigasi bencana, Ambe-ambeken atau tari tradisional pesisir di Aceh Singkil, Melengkan atau adat bertutur di Gayo dan kesenian Suku Alas Aceh Tenggara yaitu Tangis Dilo.

Lalu ada Kasab atau sulaman benang emas khas di Aceh Selatan, Sidalupa yang merupakan kesenian pertunjukan dari Aceh Barat, Rumah Rungko dari Aceh Selatan dan terakhir Dikee Pam Panga yang merupakan kesenian yang memadukan gerak tangan sambil menepuk dada dari Aceh Jaya.

Adapun 17 karya budaya dari Provinsi Aceh yang ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda ialah,

1. Canang Ceureukeh – Lhokseumawe

2. Pisang Sale Lhoknibong – Aceh Timur

3. Sie Reuboh – Aceh Besar

4. Apam – Pidie

5. Terasi Langsa – Langsa

6. Dendang Lebah – Aceh Tamiang

7. Dikee Pam Panga – Aceh Jaya

8. Ie Bu Peudah – Aceh Besar

9. Kasab – Provinsi Aceh

10. Rumah Rungko – Aceh Selatan

11. Meudayang – Aceh Selatan

12. Smong (Nafi-Nafi) – Simeulue

13. Ambe-Ambeken – Aceh Singkil

14. Melengkan – Bener Meriah

15. Sidalupa – Aceh Barat

16. Tangis Dilo – Aceh Tenggara

17. Malamang – Aceh Selatan

Related posts