Mahasiswa KKN Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar di Pidie

Mahasiswa KKN Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar di Pidie
Mahasiswa KKN Unsyiah di SDN Cot Baroh, Kecamatan Glumpang Tiga, Pidie (Ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Mahasiswa Unsyiah yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kembali menggelar agenda lanjutan mereka, yaitu pelatihan jurnalistik dasar se-Kabupaten Pidie di SDN Cot Baroh, Kecamatan Glumpang Tiga, Pidie, Minggu (31/1).

Kegiatan yang bertemakan Pengembangan dan Implementasi Jurnalisme Gampong itu dihadiri oleh perangkat dan warga sejumlah desa yang berada di Kecamatan Glumpang Tiga serta beberapa kecamatan lain di Kabupaten Pidie.

Pelatihan tersebut memaparkan materi tentang penulisan berita, press release, pengenalan media massa, dan pengenalan blog sebagai media publikasi.

Ads

Ahmad Firdaus, mahasiswa KKN Unsyiah kelompok P240 mengatakan pelatihan itu bertujuan agar semua warga gampong di Kabupaten Pidie bisa menulis dan mengedit berita. Karena saat ini gampong di Pidie dituntut oleh pemerintah untuk mengembangkan weblog dengan domain desa.id.

Pelatihan yang bekerjasama dengan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pidie ini dimaksudkan agar terjalinnya kerjasama antar relawan atau pegiat media massa yang ada di sekitar.

loading...

Nantinya mereka bisa terus memantau perkembangan warga gampong dalam mengelola weblog dan minat kepenulisan.

“Jadi, walaupun nanti mahasiswa KKN di gampong sudah pulang, masih ada kegiatan yang sama dibuat oleh tim relawan TIK Pidie,” ujar Ahmad.

Ahmad berharap warga gampong dapat membangun pikiran positif terhadap keberadaan internet dan media online, serta bisa menulis untuk mengisi berita di weblog masing-masing gampong.

“Juga terciptanya suatu kelompok masyarakat se-Kabupaten Pidie yang paham tentang ilmu jurnalistik,” paparnya.

Ke depan, Ahmad mengatakan kegiatan tersebut akan dibuat oleh relawan TIK Pidie sehingga bisa menjadikan gampong di Kabupaten Pidie menjadi Gampong Jurnalis Pidie. [Aidil Saputra]

Ads