Mendikbud beri penghargaan 11 sekolah di Banda Aceh

Ilustrasi. (Okezone)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 11 sekolah di Banda Aceh meraih penghargaan sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan ujian nasional (UN) dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Anies Baswedan.

Penghargaan Mendikbud RI untuk 11 sekolah itu diserahkan Wali Kota Banda Aceh, Illiza Saaduddin Djamal kepada masing-masing kepala sekolah pada apel gabungan Pemerintah Kota Banda Aceh di Balai Kota Banda Aceh, Senin (4/4).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Banda Aceh, Syaridin mengatakan penghargaan tersebut diberikan karena sekolah penerima dinilai memiliki kejujuran dalam menyelenggarakan ujian nasional.

“Kejujuran diukur berdasarkan indeks. Semakin tinggi indeks yang dimiliki, maka semakin tinggi tingkat kejujuran sekolah dalam penyelenggaraan UN. Penilaian dilakukan langsung oleh Kemendikbud RI,” kata Syaridin.

Syaridin menyebutkan SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh dan SMPN 19 Percontohan Banda Aceh merupakan dua sekolah yang memiliki Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) amat baik.

“SMAN 10 Fajar Harapan meraih 93,56. Sedangkan SMPN 19 Percontohan meraih angka 95,13. Angka IIUN kedua sekolah ini jauh berada di atas rata-rata IIUN secara nasional. Rata-rata nasional yakni 63,28,” kata Syaridin.

Syaridin mengharapkan sekolah-sekolah lainnya bisa mengejar prestasi yang diraih 11 sekolah yang mendapat penghargaan dari Mendikbud tersebut.

“Tentunya kami berharap semua sekolah di Banda Aceh mampu meraih indeks integritas ujian nasional melebihi indeks nasional. Indeks ini bisa menjadi alat ukur kejujuran dalam pelaksanaan ujian nasional,” kata Syaridin.

Adapun 11 sekolah penerima penghargaan sekolah berintegritas dalam penyelenggaraan ujian nasional di Banda Aceh tersebut yakni SMAN 10 Fajar Harapan, SMAN 3, SMAN 4, SMA Fatih Bilingual School, SMA Laboratorium Unsyiah, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 5. SMP 19 Percontohan, SMP IT Nurul Islah, SMP Methodist. [Antara]

Related posts