Marcus Rashford, bocah ajaib spesialis debut gemilang

Marcus Rashford usai mencetak gol ke gawang Australia di Stadium of Lights, Sunderland, Sabtu (28/5) dini hari WIB. (Reuters)

London (KANALACEH.COM) – Marcus Rashford kembali membuat heboh publik Inggris. Pemain muda Manchester United itu melakukan debut gemilang bersama tim nasional Inggris. Satu gol Rashford membawa The Three Lions menekuk Australia 2-1 pada laga uji coba, Sabtu (28/5) dini hari WIB.

Rashford dipercaya manajer Inggris Roy Hodgson untuk turun sejak menit awal saat Inggris menjamu Australia di Stadium of Lights. Kepercayaan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Rashford.

Pemuda 18 tahun itu cuma butuh tiga menit pada laga debutnya untuk membukukan gol perdana bagi timnas Inggris. Rashford menjebol gawang Australia di menit ketiga.

Memakai nomor punggung sembilan, Rashford menyambar bola liar umpan Raheem Sterling yang membentur salah seorang pemain bertahan Australia.

Rashford kemudian juga berperan atas terciptanya gol kedua Inggris yang dilesakkan Wayne Rooney di menit 55. Rashford mengawali serangan balik cepat Inggris. Dengan jeli, dia meloloskan bola kepada Raheem Sterling yang kemudian mengumpankannya kepada Rooney.

Dengan menjebol gawang Australia, Rashford juga mengukir rekor istimewa. Dia menjadi pemain termuda yang mencetak gol pada laga debut di timnas Inggris di usia 18 tahun 208 hari.

Rashford mematahkan rekor milik Tommy Lawton yang dicatat pada tahun 1939. Namun Rashford masih belum bisa mengalahkan rekor Rooney sebagai pencetak gol termuda Inggris di usia 17 tahun 317 hari.

Sumbangan satu gol ke gawang Austrlia ini menjadi modal berharga bagi Rashford untuk meyakinkan Hodgson untuk membawanya ke putaran final Piala Eropa 2016.

Rashford saat ini hanya masuk skuat sementara timnas Inggris yang berisi 26 pemain. Hodgson masih harus memangkas tiga pemain sebelum batas waktu pendaftaran tim ditutup 30 Juni 2016.

Tahun 2016 bisa dibilang merupakan tahun keberuntungan Rashford. Pemuda kelahiran Wythenshawe juga mampu melakukan debut gemilang bersama MU baik di Liga Europa maupun Liga Premier.

Nama Rashford mulai mencuri perhatian pecinta bola ketika berhasil mencetak dua gol kala debut bersama tim senior MU saat melawan Midtjylland di Liga Europa Februari lalu.

Ketika itu Rashford mengukir rekor sebagai pemain MU termuda yang mencetak gol di kompetisi Eropa. Tak tanggung-tanggung, Rashford memecahkan rekor milik George Best.

Tiga hari kemudian, Rashford kembali melanjutkan kisah sensasionalnya. Dia kembali memborong dua gol pada debut di Liga Premier Inggris. Rashford dua kali merobek gawang Arsenal.

Menarik dinanti, apakah Rashford selanjutnya akan mampu mencetak gol pada debut di Piala Eropa andai dibawa Hodgson ke Prancis. [Liputan6]

Related posts