Tanggul jebol, rumah warga di Singkil terendam air

Kondisi tanggul di Desa Gosong Telaga Barat. (Antara Foto)

Singkil (KANALACEH.COM) – Puluhan rumah dan jalan protokol di kawasan Gosong Telaga Barat, Kabupaten Aceh Singkil terendam air asin akibat tanggul yang mengelilingi laut ada yang amblas dan  jebol.

Kepala Desa Gosong Telaga Barat, Arfan menyatakan, banjir pasang purnama (rob) di daerahnya sudah sepekan terjadi, namun belum ada tanda-tanda untuk surut.

Dikatakan, tanggul jebol tersebut  kini bebas dilalui arus pasang air laut dan di beberapa titik lainnnya sepanjang 300 meter di bagian bawah dasar tanggul juga mengalami kerusakan.

“Selain menggenangi pemukiman penduduk, badan jalan di ruas jalur provinsi itu juga semakin terendam air asin,” ujar Arfan di Singkil, Jumat (27/5).

Karena terus tergenang, aspal jalan di ruas jalur provinsi terkelupas dan menyebabkan lubang menganga.

Dikatakan, terendamnya pemukiman di sana, selain akibat jebolnya tanggul juga dampak dari musim pasang air laut.

“Biasanya banjir rob ini hanya berlangsung tiga hari, namun saat ini sudah sepekan masih juga merendam pemukiman dan ruas jalan,” tambah Dede warga setempat.

Warga Gosong Telaga Barat berharap tanggul yang telah sebulan ini jebol segera diperbaiki, terutama segera merehab tanggul di sekeliling pemukiman sepanjang 2.000 meter yang kontruksinya semakin memprihatinkan yang terus menerus merendam pemukiman warga. [Antaranews]

Related posts