Kapolda Metro: Tito figur yang tepat untuk menjadi Kapolri

Tito Karnavian saat masih menjabat Kapolda Metro Jaya dan berpangkat Inspektur Jenderal. (Tribunnews)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto mengaku mendukung Komjen Tito Karnavian menjadi Kepala Polri. Menurut Moechgiyarto, Tito merupakan orang yang tepat untuk memimpin institusi Polri.

“Jadi saya sepenuhnya mendukung beliau untuk jadi Kapolri, saya bukan bicara senior-junior, saya bicara soliditas institusi, dan yang kedua, figur beliau sangat pantas dan memang yang terbaik dan bukan pilihan yang keliru menurut saya,” ujar Moechgiyarto di Mapolda Metro Jaya, Rabu (22/6).

Moechgiyarto yakin Polri akan lebih baik di bawah kepemimpinan Tito. Ia pun memercayai bahwa Tito mampu mereformasi institusi Polri agar citra di mata masyarakat menjadi lebih baik.

“Saya berharap dengan kepemimpinan beliau, polisi akan lebih maju dan akan terjadi reformasi yang memang kita harapkan oleh masyarakat,” ucapnya.

Menurut Moechgiyarto, Tito memiliki rekam jejak yang sangat baik dan merupakan salah satu putra terbaik di kepolisian. Bagi Moechgiyarto, soal angkatan kelulusan Akpol bukan masalah. Diketahui, Tito merupakan jebolan Akademi Kepolisian angkatan 1987.

“Insya Allah akan loyal, beliau juga bukan orang yang boleh dikatakan bersikap arogan dan sewenang-wenang, beliau santun ke senior-junior. Rekan yang sangat baik,” kata Moechgiyarto.

Tito diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal kapolri untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun. Hari ini, Komisi III DPR melakukan kunjungan ke kediaman Tito.

Setelah itu, Komisi III akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan pada Kamis (23/6). Jika tak ada halangan, pukul 20.00 WIB pada hari yang sama, akan diambil keputusan apakah DPR menyetujui Tito sebagai Kapolri atau tidak.

Hasil uji kelayakan dan kepatutan ditargetkan akan disampaikan pada sidang paripurna, Selasa (28/6) pekan depan. [Kompas]

Related posts