Tanjungbalai Kondusif, Kapolri imbau Netizen tak sebarkan isu negatif

Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Detik)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Kerusuhan berbau SARA yang sempat terjadi di Tanjungbalai, Sumut, menjadi perdebatan di media sosial. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau masyarakat tak menyebar isu tak jelas di media sosial.

“Saya imbau kepada netizen tolong jangan sebarkan isu negatif yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Kasihan masyarakat dan rakyat kalau terprovokasi,” tegas Kapolri Jenderal Tito di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (31/7). Tito baru saja mendarat dari Medan mengunjungi lokasi kerusuhan di Tanjungbalai.

Tito menegaskan bahwa siapa saja yang memprovokasi masyarakat dengan isu yang tak bisa dipertanggungjawabkan, maka bisa dikenakan sanksi pidana.

“Bukan hanya tanggung jawab hukum, tapi juga tanggung jawab sosial dan kepada Tuhan. Jadi kita akan melacak kalau ada yang melakukan peyebaran isu provokasi,” ujarnya.

Tito mengatkan situasi di Tanjungbalai sudah kondusif setelah dilakukan pertemuan berbagai eleman masyarakat pada Sabtu (30/7) kemarin, termasuk perwakilan tokoh agama. Dia menyebut kerukunan umat beragama ini harus terus dijaga.

“Saya imbau masyarakat khususnya Sumut lebih khusus Karo dan Asahan, semua jaga kekompakan, toleransi umat beragama antar warga yang selama ini sudah sangat bagus. Salah satu barometer kerukunan umat beragama ada di Sumut,” tegas Tito. [Detik]

Related posts