Jalan Lelumu-Gading terkendala, bupati temui Dirjen Planologi Kehutanan

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin (dua dari kiri) menjelaskan peta rencana pembukaan jalan Lelumu-Gelumpang Gading kepada ‎Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, San Afri Awang di Jakarta, Jumat (2/9). (Ist)

Takengon (KANALACEH.COM) – Guna membicarakan status pinjam pakai kawasan hutan yang dilalui rencana pembukaan jalan Lelumu Kecamatan Pegasing-Gelumpang Gading Kecamatan Linge, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menemui Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, San Afri Awang di Jakarta, Jumat (2/9).

“Alhamdulillah, prinsipnya Pak Dirjen setuju dan meminta kita segera melengkapi kekurangan administrasi berupa dokumen Izin lingkungan dan rekomendasi dari Pemerintah Aceh,” ungkap Nasaruddin, Sabtu (3/9).

Nasaruddin mengatakan, Dirjen berjanji membantu mempercepat penerbitan izin pinjam pakai kawasan hutan yang diusul Pemda Aceh Tengah

Pembukaan jalan Lelumu-Gelumpang Gading dilakukan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sepanjang 11,7 km dengan lebar 12 m, namun karena masih terkendala kawasan hutan untuk tahap awal dikerjakan dua arah dari masing-masing kampung sepanjang 2,8 km di kawasan yang masih tergolong Areal Penggunaan Lain (APL).

Jalan ini menjadi prioritas Pemkab Aceh Tengah untuk memperpendek jarak antar ibukota Kecamatan Linge, Isaq dengan ibukota kabupaten, Takengon dari jalan yang selama ini digunakan.

Selama ini, jalan Takengon-Isaq Kecamatan Linge yang dimanfaatkan warga biasa ditempuh dengan jarak 34 km, walaupun kondisi jalan sudah beraspal mulus tetap saja jalur ini memiliki jarak yang relatif jauh, dan lebih dominan berkontur tebing yang cukup dalam serta tikungan tajam, sehingga kerap terjadi longsor dan kecelakaan

Sementara jalan yang akan dibuka menurut Nasaruddin memiliki jarak yang lebih pendek, lebih landai dan lurus serta hampir tidak ada jurang, sehingga lebih aman untuk dilalui.

“Bila jalan ini selesai, diperkirakan Takengon-Isaq hanya tinggal berjarak 22 kilometer saja,” ujarnya. [Sammy/rel]

Related posts