Ide baru dari FIFA: Piala dunia diikuti 48 tim

Trophy Fifa World Cup. (Getty Images)

Zurich (KANALACEH.COM) – Jika Anda merasa bahwa 32 tim sudah ideal untuk jumlah kontestan Piala Dunia, bersiaplah. Pasalnya, ada kemungkinan Piala Dunia di masa datang diikuti lebih banyak tim.

FIFA, melalui presidennya, Gianni Infantino, mengakui bahwa mereka kini tengah mempertimbangkan sebuah usulan baru. Usulan tersebut adalah menambah kontestan Piala Dunia menjadi 48 tim.

Meski begitu, tidak berarti seluruh 48 tim tersebut akan mengikuti fase grup. Menurut Infantino, 16 dari 48 tim tersebut akan langsung tersingkir setelah mengikuti satu putaran. Sementara, 32 sisanya akan masuk fase grup seperti biasanya.

“Kami akan mencari solusi terbaik dari ide ini,” ujar Infantino seperti dilansir Reuters. “Kami akan memperdebatkannya bulan ini dan akan memutuskan segalanya pada tahun 2017.

Dalam usulannya, Infantino menginginkan sebanyak 32 tim akan diundi untuk bertanding satu lawan satu di negara tuan rumah Piala Dunia. Nantinya, 16 tim pemenang dari masing-masing pertandingan tersebut dinyatakan lolos ke fase grup, menyusul 16 tim lainnya yang sudah mendapatkan tiket langsung ke putaran grup.

Selanjutnya, Piala Dunia berjalan seperti biasa: setiap grup akan meloloskan dua tim yang akan bertanding di fase gugur.

“Kami akan mempertimbangkan ide mana yang terbaik,” kata Infantino. [Detik]

Related posts