Jokowi minta tim tanggap darurat fokus pada pemulihan kondisi

Presiden Jokowi bersama Direktur RSUZA membesuk korban gempa Pidie Jaya yang dirawat di rumah sakit itu, Banda Aceh, Kamis (8/12) malam. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Presiden Joko Widodo mengatakan proses evakuasi korban gempa Pidie Jaya hampir rampung. Ia meminta semua pihak yang terlibat sebagai tim tanggap darurat untuk fokus pada pemulihan kondisi.

“Saya akan lihat langsung proses reevakusi di lapangan besok (red, hari ini). Untuk sementara yang terpenting adalah proses evakuasi telah hampir selesai yaitu mencapai 99 persen,” ujar Jokowi.

Hal itu disampaikan usai membesuk korban gempa bumi Aceh, di Rumah Sakit dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, Kamis (8/12) malam. Presiden Jokowi datang ke rumah sakit itu sekira pukul 20.00 WIB, didampingi Plt Gubernur Aceh, Soedarmo serta Panglima TNI, Gatot Nurmantio.

Jokowi menyebutkan, penanganan pasien di rumah sakit pemerintah tersebut telah dilakukan maksimal. Dari data yang diperoleh, kata Jokowi, sebanyak 23 korban mendapatkan perawatan di rumah sakit Zainoel Abidin.

Selain menjenguk pasien, Presiden Jokowi juga menyerahkan santunan kepada korban yang dirawat di sana.

“Dari total yang dirawat di sini, delapan di antaranya telah dioperasi. Yang lain akan segera ditangani juga,” ujar Jokowi.

Hari ini, Jumat (9/12) pagi Presiden Jokowi diagendakan untuk berkunjung langsung ke lokasi terparah gempa bumi, yaitu di Pidie Jaya. Jokowi ingin memastikan langsung semua kebutuhan pengungsi tercukupi. [Aidil/rel]

Related posts