Pemkot Depok sumbangkan bantuan untuk korban gempa Pidie Jaya

Tiga selamat datang Kota Depok.

Depok (KANALACEH.COM) – Bencana gempa bumi yang terjadi di Pidie Jaya, Aceh, memanggil kepedulian para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Depok untuk menyumbangkan bantuan.

Dana kemanusiaan tersebut dikumpulkan melalui kotak yang telah disiapkan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna mengajak semua yang hadir turut mendoakan para korban di Aceh yang terkena musibah agar diberi ketabahan, kesabaran, dan kekuatan.

“Bencana gempa bumi di Aceh sungguh menggugah sisi kemanusiaan kami semua. Mari bantu saudara kita yang sedang tertimpa kesulitan,” ujar Pradi di Balai Kota Depok, Jawa Barat, Jumat, (9/12).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok Diah Sadiah menuturkan, dari hasil donasi para ASN terkumpul dana sebesar Rp 9.351.400.

Dana kemanusiaan ini, lanjut Diah, akan dikumpulkan terlebih dahulu di rekening Satuan Pelaksanaan Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kota Depok.

“Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan Satlak PB setempat dan melihat perkembangan lebih lanjut apakah dana yang kami kumpulkan ini bisa ditransfer atau langsung penyerahannya ke sana. Semuanya akan kami rapatkan dulu,” ujar Diah.

Dikatakan Diah, saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Sosial (Kemsos) Republik Indonesia terkait perlunya tambahan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) dari Kota Depok. Karena, kata Diah, di tiap Kabupaten/Kota saat ini sudah ada relawan Tagana.

“Apalagi posisi Kota Depok sangat jauh dengan Aceh, sepertinya akan sulit kalau kami mengirimkan bantuan Tagana ke sana. Namun, kalau yang dekat-dekat Kota Depok kami tentunya akan langsung meluncur,” tutur Diah.

Lebih lanjut dikatakan Diah, pengumpulan dana masih akan terus berlangsung dalam beberapa waktu ke depan. Penggalangan dana dilakukan saat apel pagi, dan berbagai seremonial kegiatan Pemkot Depok.

“Kami masih membuka dana peduli Aceh ini, karena biasanya dari sekolah-sekolah di kecamatan maupun kelurahan biasanya akan secara swadaya mengumpulkan bantuan apabila ada bencana nasional. Selain itu, bagi ASN yang belum memberikan sumbangannya bisa langsung menyerahkan ke Satlak PB Kota Depok,” pungkas Diah. [Beritasatu]

Related posts