Plt Walikota Langsa kukuhkan tim satgas saber pungli

: Plt Walikota Langsa mengukuhkan Tim Satgas Saber Pungli di Aula Cakra Donya setempat. (Kanal Aceh/Erza)

Langsa (KANALACEH.COM) – Plt Walikota Langsa, Kamaruddin Andalah, mengukuhkan Satuan tugas (Satgas) sapu bersih ‎pungutan liar (Saber Pungli) dari berbagai instansi dalam wilayah Pemko Langsa, di Aula Cakra Donya setempat, Jumat (20/1).

Menurut Kamaruddin Andalah, 57 tim saber pungli yang dikukuhkan hari ini sudah ‎terbentuk sejak pertengahan Januari sesuai dengan perintah mentri dalam negeri dan intrsuksi Presiden.

Satgas Saber Pungli Kota Langsa merupakan tim gabungan Pemko Langsa dan jajaran lembaga Forkopimda dan beberapa pejabat pemerintah yang terlibat dalam satgas ini.

Lanjutnya, ini merupakan upaya penegasan hukum, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat guna menjamin terwujudnya rasa aman, tentram, serta adanya kepastian hukum yang mampu memenuhi harapan dan tuntutan masyarakat di Kota Langsa.

Selain itu, Kamaruddin Andalah mengajak semua stakeholder yang ada di Kota Langsa, turut serta secara bersama-sama melaksanakan program ini dengan sungguh-sungguh.

“Satgas ini mempunyai peran yang sangat positif yaitu membangun sistem pencegahan pungli, pengumpulan data dari pihak lain yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi serta mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi tangkap tangan serta berwenang merekomendasikan kepada instansi vertikal dan wali kota untuk memberi sangsi bagi pelaku pungli sesuai peraturan perundang-undangan,” kata dia.

Ia meminta kepada satgas saber pungli yang baru dikukuhkan agar langsung ‎fokus kepada kegiatan yang meliputi lingkup kepegawaian, kesehatan, penerimaan dana negara dan daerah serta dana desa.

Sehingga, dengan hadirnya saber pungli kiranya menjadi mementum yang baik bagi Kota Langsa yang selanjutnya Kota Langsa bebas pungutan liar. [Erza]

Related posts