Rabu, sirine tanda tsunami dibunyikan, BPBA: Jangan panik

Rabu, sirine tanda tsunami dibunyikan, BPBA: Jangan panik
Petugas BPBA menunjukkan alat monitor bunyi sirine di Kantor BPBA, Senin (24/4). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2017, Badan penanggulangan bencana Aceh (BPBA) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan tes sound sirine tanda tsunami pada Rabu (26/4) di Kota Banda Aceh.

Bunyi sirine ini juga sebagai uji coba peralatan TEWS (Tsunami Earli Warning System) yang ada di kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Lokasinya berada di, Peukanbada, Lhoknga, Lampulo, Blang Oi, Kajhu dan di Kantor Gubernur.

Kasie Kesiapsiagaan bencana BPBA, Mukhsin Syafi’i mengatakan, selain momentum HKB 2017 ini pihaknya juga akan menguji alat TEWS yang sudah ada pada tahun 2008 lalu.

“Selama ini alat itu dibunyikan secara silent,” katanya pada wartawan di Kantor BPBA, Senin (24/4).

Kata dia, bagaimana alat itu bisa difungsikan kembali. Jika tidak, pihaknya tidak akan mengetahui apakah alat tersebut berfungsi atau tidak. Dimana biaya perawatan dan pemiliharaan cukup mahal. “Jadi sayang kalau tidak kita coba fungsikan,” ujarnya.

Pada tes sound, sirine yang dibunyikan memiliki bunyi mencapai 500-700 meter. Namun, lanjutnya, setelah itu akan dibunyikan sirine secara real sound dengan kapasitas jangkauan mencapai 2-2,5 KM.

Ia menjelaskan, kegiatan itu bagian dari sosialisasi serta kesiapsiagaan menghadapi bencana yang setiap saat bisa datang.

Untuk itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk pengurangan resiko bencana.

Untuk itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak panik dengan dibunyikannya sirine tanda tsunami tersebut. Rencananya, sirine akan dibunyikan pada pukul 10:00 WIB.

“Itu hanya tes. Masyarakat jangan panik, dan tetap saja beraktivitas,” katanya.

Simulasi itu juga akan melibatkan seluruh stakeholder, baik itu pihak pemerintah, murid sekolah siaga bencana di lokasi tersebut dan kelompok rentan. [Randi]

Related posts