Jusuf Kalla resmikan wajah baru Masjid Raya Baiturrahman

Jusuf Kalla resmikan wajah baru Mesjid Raya Baiturrahman
Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla memukul tambo sebagai tanda meresmikan wajah baru Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu (13/5). (Kanal Aceh/Fahzian Aldevan)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Jusuf Kalla meresmikan wajah batu Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu (13/5). Peresmian tersebut ditandai dengan pemukulan tambo oleh Jusuf Kalla yang didampingi Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) tiba di lokasi Masjid Raya Baiturrahman pada pukul 10.25 WIB bersama istrinya Mufidah Kalla serta rombongan lainnya.

Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, Masjid Baiturrahman merupakan ikon masjid Indonesia secara keseluruhan.

Karena itu, lanjutnya, Jusuf Kalla berharap agar nantinya masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu, bisa menjadi tempat yang makmur dan juga bisa memakmurkan rakyat Aceh.

“Kemakmuran masjid harus sejalan dengan pembangunan. Ibadah (harus) ramai dan bermanfaat (bagi masyarakat),” ujar pria yang akrab disapa JK.

Dia menambahkan, masjid merupakan jadi lambang peradaban masyarakat Aceh. “Masjid Baiturrahman di Serambi Mekah dengan gaya Madinah,” katanya.

Pembangunan proyek tersebut mulai dikerjakan pada tahun 2015 oleh PT Waskita Karya dengan anggaran sebesar Rp 458 miliar dan selesai pada Mei 2017. Pengerjaan proyek ini tidak mengubah bentuk dan posisi masjid, hanya saja direnovasi.

Dulu masjid ini hanya menampung 9.000 jamaah, tetapi setelah direnovasi dan dipasang 12 payung elektrik, MRB mampu menampung 24.400 jamaah.
[Fahzian Aldevan]

Related posts