Pemkab Aceh Utara keluarkan surat edaran pembangunan rumah kaum dhuafa

Pemkab Aceh Utara keluarkan surat edaran pembangunan rumah kaum dhuafa
(Ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) –  Forum Pemuda Aceh Utara (FPAU) mengapresiasi langkah dan keputusan yang diambil oleh Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib melalui surat edaran yang telah diedarkan ke setiap gampong dalam Kabupaten Aceh Utara tentang  diwajibkan dalam setiap desa untuk membangun rumah kaum miskin atau dhuafa di dalam setiap desa minimal dua unit rumah.

Rumah untuk kaum dhuafa itu dibangun melalui alokasi anggaran pembangunan rumah masyarakat miskin atau dhuafa dalam Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) dengan standarisasi yang telah ditentukan.

Ketua Forum Pemuda Aceh Utara (FPAU) Musfendi kepada Kanalaceh.com menyebutkan, di Aceh Utara ada 852 desa maka jika dibangun tiap tahun dua unit rumah bisa mencapai 1.704 rumah.

“Seandainya se-Aceh ada himbauan  demikian maka banyak rumah miskin atau dhuafa yang terbangun,” katanya.

Musfendi juga berharap dalam pembangunan rumah dari dana desa tersebut bisa tepat sasaran. Kepala desa atau keuchik harus tau siapa yang benar-benar layak mendapatkannya.

“Semoga ini bukan hanya sebatas surat edaran tetapi juga harus ada pemantauan dari pemerintah bahwa edaran tersebut benar-benar dijalankan dan yang mendapatkan juga tepat sasaran,” tambahnya.

Lanjut Musfendi, semoga desa tidak  mengikuti jejak tingkat kabupaten yang main KKN. Bila tingkat desa juga bermain maka tidak ada lagi keadilan bagi kaum miskin atau dhuafa.

Musfendi menambahkan, FPAU beserta organisasi pemuda lainnya harus berkomitmen menjaga, mengawal dan mendorong pembangunan di Aceh Utara terutama yang berkaitan dengan pembangunan rumah dhuafa dari dana desa dan pembangunan infastruktur lainnya yang ada di Kabupaten Aceh Utara.

“Keuchik selaku ujung tombak dan perpanjangan tangan dari pemerintah agar dapat menjaga amanah dengan membangun secara baik dan benar infrastrukturnya, bukan semata-mata mencari keuntungan,” ujarnya. [Rajali Samidan]

Related posts