Camat Nibong Imbau Warga Tidak Buang Sampah di Saluran Irigasi

(ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Dalam rangka menyambut HUT RI ke-74 Muspika Nibong bersama Dinas Pengairan dan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Utara menggelar sosialisasi dan membersihkan saluran irigasi pase kanan di sepanjang jalan dalam kecamatan Nibong sampai ke bendungan Krueng Pase, Rabu (07/08).

Camat Nibong Fauzi Saputra mengatakan sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan sasaran pembersihan saluran irigasi, menuju lahan persawahan masyarakat yang tersumbat oleh sampah dan sisa-sisa potongan kayu.

Penyumbatan saluran irigasi sangat berpengaruh terhadap kelancaran para petani, untuk bersawah menyambut musim tanam kembali. Kegiatan ini berupaya membantu petani di beberapa Kecamatan.

“Kami atas nama Muspika Kecamatan Nibong sangat berterimaksih kepada semua yang hadir. Kami menghimbau kapada masyarakat yang ada seputaran saluran irigasi Pase kanan untuk menjaga kebersihan. Agar jangan membuang sampah ke saluran irigasi,” katanya.

Sementara itu, Kabid Dinas Pengairan Dan Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Utara  Jafar mengajak masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai Pase Kanan, untuk tidak membuang sampah ke saluran irigasi.

Dia juga mengajak seluruh warga agar tetap peduli terhadap pelestarian air sebagai sumber kehidupan. Kegitaan yang mengusung tema ‘dengan semangat Hari Kemerdekaan RI yang Ke 74 masyarakat cerdas tidak membuang sampah ke saluran irigasi” itu turut dihadiri oleh berbagai lintas sektor dan jajaran muspika Nibong.

Jafar menambahkan, untuk menjaga kelestarian saluran irigasi, ini merupakan agenda rutin di Kecamatan Nibong setiap musim tanam tiba.

“Kegiatan ini yang ke empat kalinya kita lakukan. Kami mengharapkan di kecamatan yang lain agar juga melakukan hal yang sama,” ujarnya. [R. Samidan]

Related posts