FASI Tingkat Subulussalam Diharap Bisa Hidupkan Masjid Dengan Kegiatan Keagamaan

(Kanal Aceh/Satria Tumangger)
--Ads--
loading...

Subulussalam (KANALACEH.COM) – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Daerah Badan Koordinasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (DPD BKPRMI) Kota Subulussalam, dibuka oleh Wali Kota Subulussalam H Affan Alfian Bintang, Sabtu (26/10).

Pembukaan FASI yang digelar di Lapangan Beringin Subulussalam itu, dihadiri oleh Wakil Wali Kota Salmaza, Ketua DPRK Ade Fadly, Ketua TP PKK Hj. Mariani, Sekda Taufit Hidayat, Sejumlah SKPK, unsur Forkopinda, Ketua DPW BKPRMI Aceh, Dewan Hakim FASI, Peserta dan ratusan siswa-siswi dari berbagai sekolah di Kota Subulussalam.

Dalam kegiatan yang bertema “Melalui FASI mencetak Generasi Qurani Menuju Subulussalam Kota Santri” itu digelar juga Pengukuhan Pengurus DPD BKPRMI Kota Subulussalam, oleh Ketua Umum DPW BKPRMI Aceh Dr Mulia Rahman dan Pengukuhan Dewan Hakim FASI oleh Ketua BKPRMI Subulussalam, Jaminudin Berutu.

Ads

“Melalui BKPRMI kita akan menghidupkan kembali masjid-masjid di Kota Subulussalam dengan kegiatan-kegiatan keagamaan,” kata Jaminudin Berutu dalam sambutannya.

Sementara itu ketua BKPRMI Aceh menyampaikan kepada pengurus BKPRMI Subulussalam, agar tidak menjadikan organisasi BKPRMI sebagai ajang untuk kepentingan pribadi, hidupkan pengajian di seluruh masjid di Kota Subulussalam.

“Saya berharap kegiatan FASI ini bisa dilakukan setiap tahun, Jangan jadikan organisasi BKPRMI ini manjadi ajang untuk kepentingan pribadi, hidupkan Taman Pengajian Al Qur’an di seluruh mesjid-mesjid di Kota Subulussalam,” kata Mulia Rahman.

Wali Kota Affan Alfian Bintang, mengharapkan BKPRMI bisa membantu mewujudkan cita-citanya bersama Salmaza, yang ingin menjadikan Kota Subulussalam menjadi kota Santri.

“Kehadiran BKPRMI dan kegiatan FASI diharapkan dapat mendukung terwujudnya kota Subulussalam menjadi kota santri, kita akan berupaya melakukan kegiatan seperti ini disetiap tahun,” kata Bintang.

Kegiatan FASI tersebut, akan diikuti oleh 205 peserta yang memperlombakan beberapa jenis perlombaan diantaranya tingakt Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an (TKA), Taman Pendudikan Al-Qur’an (TPA) dan Ta’limul Qur’an Lilaulad (TQA).

Sedangkan cabang perlombaan yang akan diperlombakan yaitu Tartil Qur’an, Azan dan Iqamah, Nasyid Islami, Peragaan Shalat, Cerdas cermat Al-Qur’an, mewarnai gambar, ceramah agama bahasa Indonesia, Tilawah Al-Qur’an, Tahfiz Juz ‘Amma, Kaligrafi dan Kisah Islami.

Kegiatan FASI itu berlangsung yakni di Mushalla Maulida, Mesjid Agung, Mesjid Taqwa, Mesjid Baitul Ihsan, Mesjid Assilmi, Mesjid Al Munawarah, Lapangan Beringin, Aula Koramil,Gedung IKAMI dan Aula kecamatan Simpang Kiri dengan jumlah dewan hakim sebanyak 32 Orang.

Untuk para Juara, Wali kota Subulussalam menjanjikan akan memberikan sejumlah uang pembinaan. [Satria Tumangger]