27.8 C
Banda Aceh

Faisal Azwar Paparkan Program Geunaseh di Kongres Indonesia

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemko Sabang melalui Kepala Bappeda Kota Sabang Faisal Azwar, hadir pada Kongres Jaminan Pendapatan Dasar Semesta (Jamesta) Indonesia tahun 2021 secara virtual.

Kontes Jamesta 2021 ini merupakan forum pertemuan Nasional pertama yang mengumpulkan para pegiat ide Jamesta di Indonesia yang diselenggarakan oleh The Prakarsa, Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia, IndoBIG Network, International NGO Forum On Indonesian Development (INFID), UBI LAB Jakarta, dan Internasional Budget Partnership (IBP).

Faisal Azwar yang Juga ketua Sekretariat Bersama (Sekber) Geunaseh Sabang diundang sebagai narasumber, untuk memaparkan beberapa program yang telah dijalankan Pemerintah Kota Sabang selama beberapa tahun terkhir ini.

- Advertisement -

Dijelaskan Faisal, Gerakan Untuk Anak Sehat (Geunaseh) sebuah kata dalam bahasa Aceh yang bermakna kasih sayang, dalam program perlindungan sosial yang menggunakan skema Universal Child Grant (UCG).

Dimana setiap anak di Kota Sabang dari umur 0 – 6 tahun mendapatkan dana pemenuhan kebutuhan esensial sebesar Rp 150 ribu setiap bulan untuk digunakan dalam memenuhi standar menu empat bintang baik bagi anak maupun ibu yang sedang menyusui.

Lebih lanjut Faisal mengatakan, selain program Geunaseh yang dilaksanakan sejak tahun 2019, Pemerintah Kota Sabang juga merespon beberapa kebijakan dan perluasan program lain untuk kesejahteraan masyarakat.

“Selain Geunaseh Pemko Sabang juga ada program bantuan pendidikan siswa Rp. 2 juta per siswa setiap tahunnya, subsidi satu tabung gas 3kg, dan subsidi listrik 2 – 4 amp sebesar Rp. 50 ribu sampai Rp. 100 ribu per bulan untuk masyarakat Sabang,” jelas Faisal.

Faisal juga mengatakan, pengalaman Internasional UCG terbukti efektif menurunkan kemiskinan anak, mengurangi kesenjangan, meningkatkan ekonomi keluarga dan menstimulasi ekonomi lokal.

Penerapan Universal Child Grant di Kota Sabang merupakan langkah maju Pemerintah Kota Sabang menuju Welfare State, tutup Faisal.

Forum Jamesta ini juga dihadiri oleh beberapa Kepala Daerah, Aktivis, ilmuwan dan organisasi terkait lainnya dari berbagai latar belakang berbeda, untuk menerapkan program ini untuk Indonesia.


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Pria di Aceh Utara Mengamuk Tembak dan Aniaya IRT, Lalu Kabur

Aceh Utara (KANALACEH.COM) - Seorang pria di Gampong Alue Lhok Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara mengamuk dan menembak seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama...

Jampidsus Dapat Mandat Mahfud Untuk Usut Dana Otsus Aceh

Jakarta (KANALACEH.COM) - Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus), Ali Mukartono mengatakan aparat penegak hukum di Indonesia akan mulai mendalami penggunaan dana otonomi khusus...

10 cara menghilangkan rasa malu

(KANALACEH.COM) - Rasa malu biasa muncul ketika kita berada di lingkungan yang baru atau ketika kita sedang berada di keramaian. Sebenarnya rasa pemalu adalah...

Inilah 5 Syarat Menikahi Polwan Yang Harus Anda Ketahui

Kanal Aceh - Menikah memang harus melewati proses saling mengenal yang tidak bisa dianggap remeh. Baik dari sisi pria maupun wanita. Dari sisi Pria...

Berita Terbaru